Tujuh desa di Kabupaten Tabalong mendapat bantuan sistem penyediaan air minum (SPAM) dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2022.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong Nurfitrizal menyampaikan pogram ini menyasar desa-desa yang telah memiliki jaringan air bersih lewat program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) dari Kementerian PUPR.

 "Desa penerima bantuan SPAM yakni Desa Nawin, Madang, Lok Batu, Kambitin, Pampanan, Panaan dan Tratau," jelas Nurfitrizal di Tanjung, Senin.

SPAM desa sendiri merupakan salah satu program padat karya dari Kementerian PUPR dalam bidang pembangunan infrastruktur air minum untuk menyediakan sarana air minum yang terjangkau dan berkelanjutan bagi masyarakat yang belum memiliki akses air minum yang aman.

 Ia menambahkan tahun ini program air minum dan sanitasi berupa pembuatan septic tank komunal juga akan dilaksanakan di 17 desa.

Termasuk pembangunan jaringan perpipaan untuk PDAM setempat di Kelurahan Belimbing dan Belimbing Raya.

 "Septic tank komunal nantinya bisa menampung kotoran dalam jumlah besar dari beberapa rumah," jelasnya.

Desa dan kelurahan yang mendapat bantuan septic tank komunal ini yakni Kelurahan Sulingan, Kelurahan Agung, Desa Tantaringin, Tanta Hulu, Sungai Durian, Puain Kiwa, Puain Kanan, Pemarangan Kanan, Padangin, Murung Karangan, Masintan, Kasiau Raya, Kapar, Kambitin, Bungin, Binturu dan Bahungin.

Penyediaan septic tank bersakala besar untuk kebutuhan umum ini cukup efektif mengurangi pencemaran lingkungan khususnya warga yang biasa BAB di sungai.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022