Banjarmasin,  (AntaranewsKalsel) - Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) Banjarmasin Utara mengimbau agar warga Banjarmasin selalu mewaspadai bentuk kejahatan jalanan saat berada di luar rumah.


"Kami imbau masyarakat jangan lengah terhadap kejahatan jalanan yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada diri mereka masing-masing," ucap Kapolsekta Banjarmasin Utara Kompol Herry Purwanto Sik di Banjarmasin, Senin.

Ia mengatakan, saat ini kejahatan jalanan yang sering beraksi adalah kawanan jambret atau lebih dikenal dengan sebutan "si raja tega."

Untuk itu, guna mengantisipasi agar aksi tersebut tidak menimpa diri mereka saat di jalan maka jangan pernah menggunakan perhiasan saat ke luar rumah ataupun saat di tempat keramaian seperti di pasar-pasar.

Selain itu, kebanyakan yang menjadi korban dari aksi-aksi kejahatan jalanan tersebut lebih dominan terhadap wanita baik wanita muda maupun tua.

Bukan itu saja, kaum hawa itu juga agar lebih diingatkan untuk selalu waspada dan berhati-hati saat mengendarai roda dua jangan menggunakan perhiasan yang mencolok, menempatkan dompet dan barang berharga di bawah jok kendaraan, serta saat bepergian usahakan berdua jangan sendirian.

Pria lulusan Akpol angkatan 2002 itu terus mengatakan, para pelaku kejahatan jalanan mencari korbannya secara random dan tidak memiliki target khusus, dikala korban lengah maka pelaku akan melancarkan aksinya.

"Hal seperti ini yang harus diwaspadai oleh masyarakat Kota Banjarmasin, semoga apa yang telah kami sampaikan dapat menjadi pelajar/pendidikan bagi masyarakat untuk lbh waspada saat di jalan," tutur perwira menengah itu.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015