Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry didampingi Kepala Dinas Kesehatan HSS, Hj. Siti Zainab dan Kepala SMAN 1 Kandangan Herliyani Handayani, mengikuti puncak Peringatan Hari Gizi Nasional ke-62 tahun 2022, di SMAN 1 Kandangan.

Peringatan kali ini mengangkat tema “Aksi bersama cegah stunting dan obesitas, dilatarbelakangi upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia, menghadapi tantangan baik akibat stunting dan obesitas.

"Tujuan dari Peringatan Hari Gizi ini adalah agar masyarakat menyadari pentingnya asupan bergizi bagi tubuh, dan membangun kebersamaan masyarakat dalam upaya menjaga kesehatan melalui gizi seimbang," kata Ketua Persatu Gizi (Pergasi) HSS, Misdiah dalam laporan kegiatan, Senin (24/1).

Baca juga: Pemkab HSS siapkan puluhan sepeda untuk undian vaksinasi anak di HSS

Dijelaskan dia, waktu penyelenggaraan kegiatan hari gizi nasional ke-62 dimulai dari pertengahan Januari 2022, yang melibatkan fasilitas kesehatan, sekolah, posyandu, PKK Kabupaten, desa, Baznas, Persagi dan lintas sektor lainnya.

Rangkaian kegiatan antara lain, pemberian tablet tambah darah remaja puteri dan edukasi gizi seimbang melalui "Isi Piringku" di SMP dan SMA se Kabupaten HSS bekerjasama dengan PKK.

Tali asih ke keluarga gizi buruk dan pemberian paket PMT oleh Dinas Kesehatan bekerjasama dengan PKK dan puskesmas, pendampingan dan edukasi balita stunting serta ibu hamil KEK bekerjasama dengan Baznas HSS.

"Selanjutnya lomba masak bekal anak, demo masak makanan bergizi seimbang, Isi piringku serta demo masak MP-ASI di posyandu oleh petugas gizi dan PKK desa,” katanya.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, mengatakan peringatan hari gizi nasional dapat dijadikan momentum sebagai introspeksi untuk selalu berinovasi, agar permasalahan gizi selalu dapat diminimalisir sebagai upaya menyehatkan masyarakat.

Baca juga: Bunda PAUD HSS serahkan bantuan alat permainan edukasi

Menurut dia, bagaimana dapat mengubah pola hidup perilaku untuk bisa sehat, diharapkan peringatan ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, supaya kebiasaan pemenuhan gizi lewat makanan yang bergizi bisa terus dilakukan, selepas momen Peringatan Hari Gizi Nasional baik itu di sekolah, maupun di rumah.

Kegiatan dirangkai dengan pemotongan tumpeng sebagai tanda puncak Peringatan Hari Gizi nasional di HSS sekaligus ucapan selamat berulang tahun yang ke-59 untuk Ketua TP PKK HSS, Hj. Isnaniah Achmad Fikry.

Turut berhadir, Wakil Ketua I TP PKK HSS,  Srie Astuti Syamsuri Arsyad, Kepala Diskominfo HSS, Hj. Rahmawaty, Kepala Dinas PPKBPPPA HSS Hanti Wahyuningsih, Camat Kandangan Lothvie Rahmanie, OPD terkait serta anggota Persagi HSS, dewan guru dan siswi SMAN 1 Kandangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022