Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) masa bakti 2021-2026 pada hari ini resmi dikukuhkan, dan jadi yang pertama di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sebelum pengukuhan, diawali pembacaan Surat Keputusan (SK) dari YKI Koordinator Cabang Kalsel tentang pengesahan pengurus YKI Cabang Kabupaten HSS masa bakti 2021-2026, juga ditandai dengan penyematan PIN YKI oleh Bupati HSS, H Achmad Fikry.

"Terimakasih kepada bupati atas kesedian melantik dan mengukuhkan pengurus YKI Cabang HSS ini, kami menyambut baik dan bangga kepada Kabupaten HSS," kata Ketua YKI Cabang Koordinator Kalsel, Hj Faridah Hasan Aman, di pendopo kabupaten setempat, Kamis (20/1).

Dijelaskan dia, rasa bangga ini karena YKI Cabang Kabupaten HSS adalah Kabupaten pertama yang terlaksana pengukuhan, dari 10 kabupaten yang telah terbentuk di Provinsi Kalsel.

Ia juga mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh pengurus YKI HSS  dan memberikan  apresiasi atas kerja keras yang dilakukan dalam upaya mengedukasi masyarakat tentang penanganan dan pencegahan kanker di Kabupaten HSS.

Baca juga: YKI Kalsel sosialisasikan bahaya kanker di Kotabaru

Pihaknya dari YKI Cabang Koordinator di Provinsi Kalsel akan siap membantu, apabila nantinya YKI Cabang Kabupaten HSS menemui kesulitan dalam pelaksanaan kegiatan.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengatakan bersyukur karena YKI hadir di Kabupaten HSS, ia sangat berharap YKI Cabang HSS ini bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah dan terkait lainnya.

Peduli terhadap masalah kanker agar masyarakat memperoleh sosialisasi yang memadai, terhadap masalah kanker agar segera dapat dicegah dan ditanggulangi dengan sebaik-baiknya.

"Sangat diperlukannya sosialisasi terhadap permasalahan kanker untuk mengenalkan sejak dini kepada warga masyarakat, betapa pentingnya kita tahu gejala-gejala kanker tersebut," katanya.

Menurut dia, sebaik-baiknya tindakan adalah mencegah daripada harus mengobati, apalagi saat ini RSUD Brigjend H Hasan Basry telah dilengkapi fasilitas kemoterapi yang sangat memadai, untuk pelayanan pasien kanker.

Pemerintah daerah akan mendukung penuh kegiatan YKI HSS, yang perlu dilakukan adalah komunikasi yang intensif antara pengurus YKI HSS dengan pemerintah daerah.

Ia mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama mengawal ataupun mencegah kanker, juga mengedukasi masyarakat apalagi terdeteksi untuk jangan ragu dan malu berobat karena sudah dijamin oleh BPJS Kesehatan.

Baca juga: GOW HSS gelar webinar relaksasi

"Inilah komitmen kita, dengan semangat bersama mari kita cegah kanker di Kabupaten HSS," katanya.

Ketua Pengurus YKI HSS, Srie Astuti Syamsuri Arsyad, berharap dengan dikukuhkan kepengurusan pada hari ini, semua anggota dapat memenuhi harapan Ketua YKI Cabang Koordinator Kalsel, dengan berbagai macam program yang akan dijalankan.

Salah satu Pengurus YKI Cabang HSS, Prabudi,  mengatakan program terdekat yang akan dilaksanakan adalah Word Cancer Day yang akan digelar pada tanggal 4 Februari 2022.

"Kami akan melakukan konsolidasi terlebih dahulu bersama Ibu Ketua. Untuk seterusnya, biasanya kami melakukan kegiatan bersama-sama para survivor kanker, karena sudah lumayan banyak pasien kanker di HSS," katanya.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, Forkopimda HSS, Ketua Pengadilan Agama HSS, para pengurus YKI Koordinator Cabang Kalsel, para asisten dan staf ahli Setda HSS, kepala OPD HSS, para camat beserta Isteri, juga para perwakilan organisasi wanita se Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022