Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Selatan kembali melaksanakan vaksinasi anak dan pelajar di Wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Vaksinasi dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiah Negeri (MIN) Integral Al Ukhuwah Kecamatan Banjang dan MIN 1 Hulu Sungai Utara (HSU) di Desa Mamar Kecamatan Amuntai Selatan.

"Bersama pihak puskesmas kita telah memvaksin sebanyak 89 siswa di MIN Al Ukhuwah Banjang dan 136 siswa di MIN 1 Hulu Sungai Utara," ujar Kepala BIN daerah (Binda) Kalimantan Selatan Brigjen Pol. Dr. Heri Armanto Sutikno melaluii Kaposda BIN Kabupaten HSU Purnomo di Amuntai, Kamis ((3/2/22).
 
Salah satu siswa MIN Integral Al Ukhuwah Banjang Kabupaten HSU di vaksin petugas kesehatan di sekolahnya, Kamis (3/1/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Purnomo mengapresiasi langkah yang diambil pihak Puskesmas Sungai Karias yang terlebih dulu memberikan sosialisasi kepada para wali siswa sebelum kegiatan vaksinasi dimulai di sekolah.

Menurutnya, sebagian orang tua masih ragu mengijinkan anak mereka mengikuti vaksinasi karena terpengaruhi informasi mengenai vaksin di media sosial yang tidak benar sehingga perlu diluruskan.

Kepala MIN Integral Al Ukhuwah Banjang  Hj Muhsinah Husni mengatakan pihak sekolah melakukan sosialisasi kepada orang tua siswa melalui group WhatApps.
 
Pihak Puskesmas Sungai melaksanakan sosialisasi vaksin kepada wali siswa di MIN Integral Al Ukhuwah Banjang sebelum memulai pelaksanaan vaksin anak di sekolah Kamis (3/1/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

"Respon orang tua separuh bersedia anaknya di vaksin, separuh lagi masih bimbang," kata Muhsinah.

Namun, ia bersyukur pihak puskesmas memiliki kebijakan untuk melakukan sosialisasi terlebih dulu kepada wali siswa sebelum.pelaksanaan vaksin dimulai sehingga para orang tua lebih mantap hatinya.

Orang tua siswa di MIN 1 HSU Fikri mengaku tidak khawatir anaknya di vaksin karena mengetahui adanya penyebaran COVID-19 dan banyak korban jiwa karenanya.
 
Kegiatan Vaksinasi BIN Kalsel di MIN 1 HSU di Desa Mamar Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara diikuti antusas oleh siswa dandan orang tua siswa, Kamis (3/1/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

"Pihak sekolah telah melakukan sosialisasi kepada orang tua, sehingga kami tidak khawatir," katanya 

Ia berterima kasih kepada BIN Kalsel, Dinas Kesehatan serta puskesmas Amuntai Selatan yang melaksanakan vaksinasi di sekolah, sehingga anaknya terlindungi dari resiko penyebaran COVID-19.
VIDEO BERITA TERKAIT :  

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022