Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mensinergikan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pengembangan sumber daya laut dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia.

"Hal ini dituangkan dangan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara pemerintah daerah dengan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) KKP RI," kata Bupati Tanah Bumbu H. M Zairullah Azhar, di Batulicin Kamis.

Dia mengatakan, melalui program ini diharapkan BRSDMKP bisa langsung turun kelapangan untuk melihat langsung kondisi wilayah Tanah Bumbu terkait pengembangan perikanan.

Menurutnya, di Tanah Bumbu banyak potensi alam khusunya dibiodang kelutan untuk dikembangkan, oleh sebab itu perlu adanya trobosan-trobosan untuk dapat mengembangkan potensi tersebut dengan mengandeng kementerian.

Sementara itu, Plt Kepala BRSDMKP Kusdiantoro menyampaikan tiga program prioritas utama KKP, diantaranya peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) bagi kegiatan kelautan dan perikanan.

Peningkatan produk-produk unggulan perikanan khususnya tambak undang diseluruh kawasan Indonesia dan pembangunan kampung kelautan dan perikanan diseluruh wilayah Indonesia.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022