Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan Joniriadi menyabut baik keinginan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud-Ristek Wikan Sakarinto terhadap kemajuan kampusnya.

Menurut dia di Banjarmasin, Rabu, seperti keinginan Dirjen untuk semua program studi (Prodi) diploma 3 (D3) yang ada dikampusnya ditingkatkan menjadi D4 atau sarjana terapan.

"Sebenarnya ini sudah mulai kita laksanakan, sudah ada dua Prodi D3 yang kita tingkatkan menjadi D4, kita upayakan terus nanti secara bertahap untuk D3 lainnya," tutur Joniriadi.

Dua Prodi D3 yang sudah menjadi Prodi D4 itu, ungkapnya, Prodi D3 Teknik Geodesi menjadi Prodi D4 Teknologi Rekasaya Geomatika dan Survei.

"Yang kedua itu Prodi D3 Otomotif menjadi Prodi D4 Rekayasa Teknologi Otomotif," paparnya.

Kemudian selanjutnya, kata Joniriadi, pihaknya mengusulkan lagi Prodi D4 Sistem Informasi Akuntansi dan Prodi D4 Teknologi Rekayasa Otomasi.

Joniriadi juga menyampaikan terkait arahan Dirjen Pendidikan Vokasi untuk praktek mahasiswa, pihaknya juga sudah mengarahkan praktek karya sebenarnya.

"Jadi mahasiswa kami sudah bisa membuat panel listrik, nah para mahasiswa dari jurusan kelistrikan membuat kontrolnya, ini bisa dijual di pasaran," tutur Joniriadi.

Bahkan, tutur dia lagi, mahasiswanya juga sudah membuat alat untuk pembuatan tiang listrik, hingga sampai dipesan salah satu perusahaan tambang besar di provinsi ini.

"Jadi ini beberapa yang dikaryakan mahasiswa kita, banyak lagi," ucapnya.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud-Ristek Wikan Sakarinto bersama dua direkturnya, yakni, Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Benny Bandanadjaja dan Direktur Kelembagaan dan Sumberdaya Pendidikan Tinggi Vokasi Henri Togar Hasiholan Tambunan berkunjung ke Kampus Politeknik Negeri Banjarmasin, Rabu.
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud-Ristek Wikan Sakarinto saat berkunjung ke kampus Politeknik Negeri Banjarmasin.(ANTARA/Sukarli)

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022