Panitia Khusus (Pansus) I Bidang Hukum dan Pemerintahan RPJMD Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2021 - 2026 fokus membahas tiga dari lima misi Gubernurnya yang termuat dalam RPJMD tersebut.

Wakil Ketua Pansus I H Suripno Sumas SH MH mengemukakan itu di Banjarmasin, sebelum rombongan Pansusnya bertolak ke Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Kamis (20/1/22) untuk studi komparasi.

Ia menerangkan, tiga fokus misi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan Wakilnya H Muhidin yang masuk RPJMD 2021 - 2026 itu terdiri dari : Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur.

Selain itu, Tata Kelola Pemerintahan yang lebih fokus pada pelayanan publik, serta menjaga kelestarian lingkungan hidup dan memperkuat ketahanan bencana, ujar Suripno yang juga Sekretaris Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalsel.

"Pada misi menjaga kelestarian lingkungan hidup dan memperkuat ketahanan bencana tersebut, yang menjadi penekanan/bagian Pansus I atau ada hubungan dengan tugas dan fungsi Komisi I DPRD Kalsel yaitu memperkuat ketahanan bencana," lanjutnya.

Studi komparasi Pansus I RPJMD Kalsel 2021 - 2026 ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jatim guna pengayaan materi pembahasan yang penyampaian rekomendasinya pada rapat paripurna Dewan yang dijadwalkan, 26 Januari 2022, demikian Suripno Sumas.

Kunjungan kerja (Kunker) ke luar daerah Pansus I yang diketuai Dra Hj Rachmah Norlias itu bersamaan dengan Pansus lainnya (II, III dan IV) RPJMD Kalsel 2021 - 2026 dijadwalkan, 20 - 22 Januari 2022.

Pansus II RPJMD 2021 - 2026 tersebut membahas Bidang Ekonomi dan Keuangan, III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur, serta Pansus IV Bidang Kesra.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022