Kotabaru,  (Antaranews Kalsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, memadamkan api yang membakar hutan di Gunung Jambangan, Pulaulaut Tengah, Kotabaru.


"Hektaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Jambangan dan Gunung Bamega hangus terbakar," kata Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotabaru, Irian Noor melalui Kasi Penanggulangan Bencana Sugeng di Kotabaru, Rabu.

Untuk memadamkan api tersebut, BPBD Kotabaru mengerahkan puluhan petugas pemadam dan sejumlah armada ke lokasi kebakaran.

Ia mengatakan pada Rabu BPBD Kotabaru mendapatkan laporan terjadi empat titik kebakaran.

Pertama lahan perkebunan masyarakat seluas luas 1,5 ha di Desa Perumnas Kecamatan Pulaulaut Utara, terjadi pukul 12.00 Wita-14.00 Wita, dan api baru dapat dikuasasi setelah dipadamkan tim gabungan dari posko TNI 4 orang, Tagana 2 orang, Barisan Pemadam Kebakaran 10 orang, dan masyarakat 10 orang dengan menurunkan 4 buah mobil pemadam.

Kedua, lahan ilalang seluas 3 ha, di Desa Sungai Paring, Pulaulaut Utara, sekitar pukul 14.00 Wita-18.00 Wita.

Dalam peristiwa tersebut dikerahkan personil dari posko TNI 4 orang, Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) 15 orang, Forum Komunikasi Putra Putri Indonesia (FKPPI) 2 orang, dengan mengerahkan 3 mobil tangki air, 3 mobil pick up, saat ini sedang dilakukan pendinginan, penyiraman.

Ketiga, kebakaran lahan padang gambut seluas 10 ha, di Desa Sungai Limau, Pulaulaut TImur, sekitar pukul 13.00 Wita hingga saat ini masih berasap.

Untuk memadamkan api di padang gambut itu, dikerahkan personil Koramil Berangas 6 orang, anggota Polsek Pulaulaut Timur dua orang, dan masyarakat sekitar.

Empat, kebakaran lahan ilalang dan hutan seluas 5 ha di Sungai Pasir, Pulaulaut Tengah, lereng Gunung Jambangan, Gunung Bamega, dan dan daerah konservasi.

Api mulai membakar daerah tersebut sekitar pukul 14.00 Wita sampai berita ini diturunkan api masih menyala.

Dalam peristiwa tersebut dikerahkan anggota posko TNI 4 orang, Polsek dua orang, BPK sebanyak 15 orang, Pemadam kebakaran 3 orang, FKPPI dua orang, camat, dan masyarakat 11 orang, dengan mengerahkan 2 mobil pemadam.

Selain memadamkan api, petugas juga berhasil mengevakuasi dua orang masyarakat yang tinggal di lereng bukit saa api berkobar.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015