Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Sebanyak 237 paket tong sampah bantuan dari Kementerian Sosial menghiasi setiap sudut lingkungan di Kelurahan Kebun Sari Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan.


Masyarakat di kelurahan ini memilih opsi pengadaan tong sampah dibanding perbaikan jalan melalui Program bantuan Kementerian Sosial (Kemensos) 2015.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan Rizali Eswansyah di Amuntai Jum'at mengatakan pihaknya hanya memfasilitasi dan mengusulkan bantuan.

"Masyarakat yang memilih sendiri pengadaan tong sampah dari Program Bantuan Kemensos," Ujar Rizali.

Rizali mengatakan beberapa opsi ditawarkan kepada masyrakat dari dana Bantuan Kemensos Program Sarana lingkungan (Sarling) seperti perbaikan sarana jalan, pengadaan motor pengangkut sampah dan lainnya.

Tapi masyarakat lebih memilih menggunakan dana bantuan Kemensos sebesar Rp50 juta untuk pengadaan tong-tong sampah.

"Mungkin karena sarana jalan di Kelurahan Kebun Sari sudah baik kondisinya sedang sarana tempat pembuangan sampah masih kurang," katanya.

Rizali mendukung opsi pengadaan sampah ini, berarti akan mendukung lingkungan bersih di Kota Amuntai mengingat Kelurahan Kebun Sari berada di kawasan ibu kota Kabupaten HSU tersebut.

Bantuan dana disalurkan langsung oleh Kemensos ke rekening Kelompok Sarling 'Patmaraga' Kelurahan Kebun Sari Amuntai untuk dikelola dan dimanfaatkan.

Sebanyak 237 paket tong sampah yang dibeli masyarakat terdiri sebanyak 200 tong sampah tunggul dan 37 tong kecil berjejer lima untuk pembuangan berbagai jenis sampah.

"Kita harapkan masyarakat memelihara fasilitas tong sampah ini agar bisa dimanfaatkan untuk waktu yang lama mewujudkan lingkungan yang bersih," pungkasnya./Eddy Abdillah

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015