Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Tiga kecamatan di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, menjadi percontohan pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan, masing-masing Tanta, Kelua, dan Muara Uya.


Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Tabalong Asli Yakin di Tanjung, Kamis, mengatakan sejak 2013 telah dilaksanakan persiapan infrastruktur bagi pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan.

"Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan mulai dilaksanakan tahun ini di tiga kecamatan dan targetnya 2016 semua kecamatan bisa melaksanakan program dari Kementerian Dalam Negeri ini," jelas Asli.

Peluncuran pelaksanaan Paten di `Bumi Saraba Kawa` dilaksanakan di Kantor Kecamatan Tanta oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dihadiri para kepala SKPD, Camat dan aparatur desa.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan pelimpahan sebagian kewenangan dari kabupaten ke kecamatan dilakukan secara bertahap sebagai bentuk nyata membangun otonomi yang bertanggungjawab.

"Tiga kecamatan yang menjadi percontohan Paten nantinya akan diketahui kelemahan dan kekurangannya sehingga bisa diperbaiki di kemudian hari," jelas Anang.

Selain itu para camat diharapkan bisa lebih kreatif dan berinovasi dalam mewujudkan pemerintah yang melayani masyarakat.

Terpisah Camat Tanta Muhammad Rusli mengatakan pihaknya saat ini memberikan 1.477 layanan seperti kartu keluarga, akta kelahiran dan Ijin Mendirikan Bangunan (MB).

"Untuk IMB Kecamatan Tanta menargetkan sekitar Rp100 juta dan saat ini sudah merealisasikan 19 IMB senilai Rp85 juta,"jelas Rusly.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015