Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Saat ini sudah 10 orang jamaah haji asal Embarkasi Banjarmasin dinyatakan wafat di tanah suci Mekkah, kata Kabid Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Selatan Syukeriansyah, Rabu.


"10 jamaah haji wafat itu, yakni, sebanyak enam orang dari Kalsel dan empat orang dari Kalimantan Tengah (Kalteng)," ujarnya.

Menurut di, data jamaah haji yang wafat dari Kalsel itu adalah Hamsah Saludin Abdullah (75) dari Hulu Sungai Selatan (HSS) asal kloter 7, H Soeradi bin Marto Dimedjo (77) dari Tapin asal kloter 2, H Masrani Utuh Usin (68) asal Hulu Sungai Selatan (HSS) kloter 7, H Irzani Badli Zainal (53) asal Tanah Laut (Tala) Kloter 12.

Selanjutnya, kata Syukeriansyah, Hj Ratna Abdul Gani (65) dari Banjarmasin asal kloter 1, dan Badrudin Ijar Ulah (56) dari Tabalong asal kloter 9.

Sementara itu, ungkap dia, dari Kalteng adalah Dewi Wahyuni Sulaiman (35) dari Kotawaringin Barat asal kloter 3, Narwiyah Maskar Muhammad Saleh (82) dari Kapuas asal kloter 4, Sarman Muhammad Said (62) dari Palangkaraya asal kloter 6, dan Ermand Rabia Kasim (53) Barito Timur asal kloter 3.

"Sudah dikabarkan duka cita ini kepada masing-masing keluarga mereka," ucapnya.

Syukeriansyah tidak menyebutkan apakah ada jamaah Embarkasi Banjarmasin yang kini menjalani perwatan kesehatan secara intensif di rumah sakit Arab Saudi.

"Kita juga terus menunggu kabar, moga tidak ada lagi jamaah kita yang bermasalah kesehatan hingga harus dirawat intensif, sebab perjalanan ibadah kini mulai ke Madinah," tuturnya.

Menurut dia, saat ini jamaah haji Embarkasi Banjarmasin sudah mulai bergerak ke Madinah, yakni, kloter 1 asal Kota Banjarmasin.

"Secara bertahap diberangkatkan ke Madinah, hingga 12 kloter jamaah haji embarkasi daerah kita," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel HM Tambrin mengungkapkan, para jamaah akan melaksanakan ibadah sholat arbain atau 40 sholat wajib berjamaah di Masjid Nabawi, sebelum pulang ketanah air.

Menurut dia, sebelum meninggalkan tanah suci Mekkah, semua jamaah haji kembali melaksanakan tawaf wajib, yakni, tawaf Wada, yakni, tawaf perpisahan dengan kota Mekkah Al-Mukarramah.

Dituturkan Tambrin, jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang terdiri sekitar 4 ribu lebih jamaah haji dari Kalsel sebanyak 3.040 orang lebih dan dari Kalteng sebanyak 1.080 orang pulang ketanah air sejak 15 Oktober hingga 25 Oktober nanti.*

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015