Masyarakat dan petani di Desa Gunung Manau sangat antusias menikmati Jalan Usaha Tani (JUT) baru yang dibangun oleh Kodim 1001/HSU-BLG bersama warga setempat melalui program Karya Bakti TNI.

Dandim 1001/HSU-Balangan Letkol Inf Aldin Hadi di Paringin Selasa, mengatakan jalan yang dibangun tersebut sepanjang 1.403 meter dan lebar empat meter dengan sistem cor.

Lebih lanjut ia berharap, melalui program Karya Bakti TNI ini nanti hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat Desa Gunung Manau, terutama dalam mengangkut hasil perkebunan.

Dandim 1001/HSU-Balangan Letkol Inf Aldin Hadi bersama Kepala Dinas PMD Balangan Urai Nur Iskandar saat meninjau JUT Desa Gunung Manau Kecamatan Batumandi, Selasa (11/2/2022). ANTARA/ragil darmawan

Sementara itu, Bupati Balangan Abdul Hadi mengungkapkan dengan program karya bakti dari TNI ini, semakin terasa baginya peran TNI di daerah. Terutama dalam membantu tugas pemerintah melayani masyarakat, dalam hal ini menyediakan infrastruktur pendukung aktivitas masyarakat.

"Sebagaimana infrastruktur lainnya, ruas jalan yang baru saja selesai dibangun itu tentu bisa kita manfaatkan untuk mendukung berbagai hal sekaligus. Seperti pergi ke kebun dan aktivitas lainnya," ungkapnya.

Bupati Balangan Abdul Hadi saat meresmikan JUT Desa Gunung Manau, Selasa (11/2/2022). ANTARA/ragil darmawan

Kepala Desa Gunung Manau, Sarinandi mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Kodim 1001 dan Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan, yang telah membangunkan jalan usaha tani ini di desanya.

“Sebelum jalan ini dibangun, petani di desa kami harus berjibaku melewati akses jalan yang sebenarnya tidak layak untuk dilintasi, tapi apa boleh buat, ini adalah satu-satunya akses jalan menuju kebun,” ujarnya.

Dengan telah dibangunnya jalan yang lebih bagus ini, petani Desa Gunung manau tentunya sangat antusias dan ia berkeyakinan akan sangat menunjang peningkatan ekonomi petani.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022