Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Banjarmasin yang beralamat di jalan Brigjen Hasan Basri, Kayu Tangi, melakukan kerjasama dengan berbagai negara, dari Asia hingga Eropa.


"Kerjasama kita dalam bidang pertukaran guru, pertukaran siswa, dan kerjasama program," ujar Kepala SMKN 4 Banjarmasin Syahrir saat berkunjung ke gedung DPRD setempat, Selasa.

Menurut dia, kerjasama dalam bidang pendidikan dan keterampilan diantaranya keneri Cina, Fhilifina, Jepang, Tahiland, Korea, Jerman, dan Amarika.

"Setiap tahun kita agendakan mengirim siswa atau guru keluar negeri, ini konsesten sejak beberapa tahun lalu," ucapnya.

Syahrir mengatakan, program ini dilakukan untuk peningkatan keterampilan baik guru maupun siswa secara berkala dilakukan, dengan masa pengiriman satu hingga tiga bulan.

Sebagaimana tahun ini kita akan mengirim 10 orang siswa kita ke Thailand. Di sana sudah ada 13 orang hingga totalnya sudah sebanyak 23 orang," ungkapnya.

Menurut dia, pengiriman pelajar dan guru ke luar negeri ini sesuai jurusan yang akan diperdalamnya, diantaranya jurusan perhotelan, tata boga, otomotif, dan lain-lainnya.

"Diantaranya banyak pelajar kita yang menggali pengetahuan dan pengalaman bagaimana merakit mobil, ini menjadi kegiatan yang luar biasa manfaatnya bagi negera kita," paparnya.

Menurut dia, siswa atau guru yang dikirim keluar negeri tersebut tidak dibenakan biaya, sebab semuanya dijamin negara yang didatanginya, karena sekolahnya sudah menjalin kerjasama yang baik dengan negera-negara tersebut.

"Ini juga berkat dukungan yang besar dari pemerintah kita, baik daerah maupun provinsi dan pusat, sehingga program ini terus berjalan dengan sangat lancar," ujarnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015