Balangan - (Antaranews Kalsel)- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Balangan, Kalsel, pada akhir tahun 2015 ini rencananya akan kembali menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) II di kabupaten setempat.

Ketua KONI Balangan, Marhat mengungkapkan, rencananya Porkab Balangan II tahun 2015 akan dilaksanakan dari tanggal 28 Oktober sampai 15 November 2015.

"Ini merupakan kegiatan kedua yang kita gelar, berkaca dari pelaksanaan Porkab pertama pada 2014 lalu, tahun ini cabang olah raga (Cabor) yang kita ikutkan dalam Porkab lebih banyak lagi," ujarnya.

Setidaknya ada 14 cabor yang bakal diikutkan dalam kegiatan Porkab, di antaranya atletik, basket, tenis meja, bulutangkis, voly, bilyard, tenis lapangan, pencak silat, sepak bola, catur, karate, taekwondo, sepak takraw dan binaraga.

Selain itu lanjut Marhat, pihaknya juga akan memberikan ruang kepada bela diri khas kalimantan selatan, yakni kuntau untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Selama ini lanjutnya, dia melihat keberadaan beladiri khas daerah yaitu kuntau kurang populer, lantaran rendahnya minat anak-anak untuk mempelajari dan turut melestarikannya.

"Setidaknya dengan diikutkannya kuntau pada Porkab, kita bersama-sama turut serta melestarikan kesenian daerah," ungkapnya.

Untuk mekanisme Porkab sendiri kata Marhat, yaitu diikuti oleh semua kecamatan yang ada di Balangan, dan masing-masing kecamatan mengirimkan perwakilannya yang akan bertanding pada masing-masing cabor.

"Untuk atlet yang dibawa masing-masing kecamatan ke tingkat kabupaten, semua kita serahkan kepada setiap kecamatan terkait mekanisme seleksi atletnya," tutup ketua KONI Balangan.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015