Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS membuka secara resmi Lomba Balogo se-Kalimantan Selatan Tahun 2022, di Lapangan 5 Desember Marabahan., Rabu (5/1). 

Pembukaan lomba balogo yang masing-masing diikuti lima regu dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel iyu ditandai pukulan pertama dari Noormiliyani. 

Penonton pun dibuat kaget lantaran sasaran yang dibidikan bupati perempuan tersebut  tepat mengenai sasaran. 

Noormiliyani pun mengaku kalau permainan balogo sering dilakoninya ketika masih anak-anak. 

“Ketika masih kecil saya sudah biasa melakukan permainan ini,” ucapnya. 

Sebelumnya,  pada saat pembukaan, bupati yang juga mantan Ketua DPRD Kalsel ini menyatakan, permainan balogo bagi masyarakat Kalsel sudah bukan hal yang asing. 

Mulai dari anak-anak hingga orang tua, katanya, mengenal jenis permainan ini. Mengingat sejak mulai usia sekolah balogo sering kali dimainkan di waktu senggang. 

Di perkotaan, sebut anak Gubernur Kalsel ketiga almarhum H Aberani Sulaiman ini, permainan balogo jarang terlihat lantaran tergerus permainan modern, terlebih saat ini anak-anak lebih menyukai perminan online dan elektronik. 

“Permainan balogo hanya bisa kita saksikan pada momen-momen tertentu seperti kegiatan seni dan budaya yang di dalamnya dirangkai kegiatan olahraga tradisional,” paparnya. 

Sebagai generasi penerus, sebut Noormiliyani, seharusnya masyarakat bangga adanya jenis permainan tersebut,  mengingat balogo olahraga yang memiliki kekhasan tersendiri serta memiliki nilai-nilai kebersamaan. 

Oleh karena itu, dia berharap, kepada Disporbudpar dan KORMI Batola agar antusias masyarakat ini dapat dilihat sebagai peluang pariwisata yang dapat dikembangkan lebih baik lagi. 

Sementara itu, dari pelaksanaan lomba mulai digelar sekitar pukul 14.30 Wita, dari 65 regu berasal dari 13 kabupaten/kota mulai melaksanakan pertandingan penyisihan. 

Dari pertandingan itu telah didapatkan 30 regu terbaik untuk selanjutnya kembali dipertandingkan, Kamis (6/1) besok. 

Pembukaan lomba balogo se-Kalsel tersebut juga dirangkai dengan penyerahan lomba enggrang, lomba bakiak putera dan puteri, serta lomba tarik tambang oleh Bupati Batola Noormiliyani. 

Untuk lomba enggrang juara I Jaya, juara II Ahli Fahmi, juara III Yadi, dan juara IV Helman. 

Lomba Bakiak Putera juara I Bahalayung, juara II Ije Jela I, juara III Yadi, dan juara IV Jaya. Lomba Bakiak Puteri juara I SMK A, juara II Hery, juara III Pahlawan, dan juara IV PKG A.

Sementara juara tarik tambang juara I Jinggo 55, juara II Pandawa, juara III Harlian Cs, dan juara IV Babon.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022