Pelaihari, (Antaranews Kalsel) – Wakil Ketua I Tim PenggerakPKK Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Hj Nurul Hikmah Sukamta mengatakan, pada tahun 2016 mendatang di setiap kecamatan dibentuk dua kelompok usaha pendapatan peningkatan keluarga (UP2K)-PKK.


“Apabila semua melaksanakan tanggung jawab sebagai kader UP2K, maka di tahun 2016 akan terbentuk minimal dua kelompok UP2K-PKK  di setiap kecamatan,” ujar Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Tanah Laut Hj Nurul Hikmah Sukamta, di Pelaihari, Senin (5/10).

Menurut dia, apabila terealisasi pembentukan UP2K-PKK di setiap kecamatan,  maka setiap tahun terbentuk sebanyak 22 kelompok UP2K-PKK.

Diutarakannya, untuk mengetahui lebih lanjut keberadaan UP2K-PKK, pwerlu dilakukan inventarisir data di lapangan, dan diharapkan semua data tersedia. 

Keberadaan UP2K-PKK, terang dia, mampu meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dalam membina kelompok usaha ekonomi keluarga.

Selain itu, ungkap dia, dapat  menumbuhkan lembaga-lembaga  keuangan masyarakat seperti Koperasi, usaha ekonomi produktif dan meningkatkan jumlah keluarga yang tergabung dalam kelompok atau perorangan UP2K-PKK. 

Kemudian, tegasnya, sesuai dengan pedoman pengelolaan pengembangan usaha ekonomi,usaha peningkatan pendapatan keluarga merupakan, segala kegiatan ekonomi yang diusahakan keluarga, baik secara perorangan maupun kelompok yang modalnya  bersumber dari swadaya masyarakat,bantuan pemerintah ,bantuan luar negeri,swasta,serta sumber lain yang sah dan tidak mengikat.

Pewarta: arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015