Balangan - (Antaranews Kalsel) - Komunitas Balangan Tripers, melaksanakan kegiatan Open Trip Explore Wisata Sejarah dan Alam Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (4/10).


Koordinator kegiatan, Normansyah Sasi mengungkapkan, kegiatan yang mengangkat tema "Menelisik Sejarah dan Wisata di Bumi Sanggam" ini bertujuan untuk lebih mengenalkan objek wisata dan sejarah yang ada di Balangan.

Ada empat lokasi, kata Norman yang didatangi dalam kegiatan ini yakni, Rumah Batu di Muara Ninian, Benteng Tundakan, Goa Sumsung serta Gunung Hantanung yang berada di Kecamatan Tebing Tinggi.

"Kegiatan ini sebenarnya sebagai upaya untuk kembali memperkenalkan serta melestarikan budaya, sejarah dan objek pariwisata yang ada di Kabupaten Balangan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Historia Indonesia (KHI) Cabang Kalsel, Dharma Setyawan mengatakan, kegiatan seperti ini sangat bagus terlebih untuk mengenalkan sejarah yang ada di Balangan kepada para generasi muda.

"Peserta kegiatan ini berasal dari berbagai daerah, seperti dari Kabupaten HSU, HST, Tabalong, Tapin bahkan dari Banjarbaru dan Banjarmasin," ungkapnya.

Selain memiliki nilai wisata lanjutnya, kegiatan ini juga mempunyai peran penting terhadap pelestarian sejarah yang nantinya akan berujung pada rasa bangga dan cinta tanah air.

"Sebenarnya masih banyak potensi sejarah dan wisata yang bisa kita angkat di Balangan, dan rencananya akan kita adakan lagi acara serupa dengan skala lebih besar dengan objek wisata lainnya di bumi sanggam," tutupnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015