Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Muhammad Yamin mengatakan, pihaknya makin "geregat" untuk pengawasan pelaksanaan pembangunan yang dilakukan pemerintah kota pada tahun 2022.

"Kita tingkatkan atau lebih gereget lagi pengawasan terhadap pembangunan juga pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan Pemkot Banjarmasin pada 2022," ujar Yamin usai memimpin rapat paripurna tutup masa sidang III tahun 2021 dan buka masa sidang I tahun 2022 di gedung dewan, Senin.

Menurut dia, sinergi memang sudah berjalan dengan baik antara DPRD dan Pemkot Banjarmasin sepanjang pelaksanaan pembangunan tahun 2021, namun tentunya ada hal-hal yang perlu pihaknya lebih maksimal lagi pengawasan demi menjaga aspirasi masyarakat.

"Bahkan di 2021 kemarin pun kita cukup banyak permasalahan pembangunan yang kita kritisi, ini bentuk keseriusan kita sebagai wakil yang diamanahkan rakyat," ujar HM Yamin.

Dia pun memastikan, pihaknya di legislatif selalu mendukung program pemerintah kota yang sudah disepakati bersama, hingga bisa terwujud.

"Jadi kita akan mengawal betul semua program yang sudah disepakati, hingga anggaran yang sudah disiapkan terserap dengan maksimal, tepat dan transparan," ujarnya.

Politisi Gerindra ini menyampaikan, pihaknya di dewan juga berterimakasih kepada masyarakat atas dukungannya, masukkan juga kritik untuk kinerja pihaknya lebih baik lagi.

"Aspirasi dan keluhan masyarakat yang disampaikan kepada kita tentunya kita perjuangkan, pada tahun 2022 ini kita harap masyarakat bisa lebih aktif lagi untuk menyampaikan aspirasinya," papar HM Yamin.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menyampaikan apresiasinya kepada pihak legislatif yang sudah sangat baik bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah kota.

"Baik fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan pada tahun ini akan bisa lebih maksimal lagi," tuturnya.

Pada 2022 ini, kata Ibnu Sina, lebih berat lagi karena pandemi COVID-19 belum berakhir, di mana Presiden RI memperpanjang masa pandemi COVID-19 ini, hingga fokus pemerintah kota tetap pada penanganan ini.

"Selain masalah penanganan sosial dan pemulihan ekonomi," tuturnya.

Karenanya, kata Ibnu Sina, dukungan besar pihak legislatif sangat dibutuhkan untuk ini, sebab semua harus dilakukan bersama demi Banjarmasin Baiman dan bermartabat.

"Percepatan harus kita lakukan bersama hingga tuntas pada 2024," tuturnya.
Rapat paripurna DPRD Kota Banjarmasin tutup masa sidang III tahun 2021 dan buka masa sidang I tahun 2022 di gedung dewan, Senin. (ANTARA/Humas Pemkot Banjarmasin)



 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022