Armada bus Perum Damri bekerja sama dengan manajemen PT Angkasa Pura I melayani rute dari Bandar Udara  Internasional Syamsudin Noor menuju Banjarmasin dengan tarif hanya Rp40 ribu terhitung sejak 1 Januari 2022.

General Manager (GM) Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor, Dony Subardono, Sabtu mengatakan, tiga unit bus disiapkan Perum Damri untuk melayani rute bandara yang terletak di Banjarbaru menuju ibukota Kalsel itu.

"Layanan moda transportasi darat ini merupakan sinergitas BUMN antara PT Angkasa Pura dan Perum Damri yang setiap hari melayani rute dari bandara menuju Taman Siring 0 KM Banjarmasin dan sebaliknya," ujar dia. 

Dijelaskan, sinergitas BUMN itu wujud komitmen bersama demi memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa yang aman, nyaman dan berkelanjutan dari jalur udara hingga transportasi darat ke tujuan masing-masing.

Disebutkan, layanan airport bus dari bandara berlaku pada jam operasional pukul 06.00 - 18.00 WITA, dan dari titik Siring 0 KM Banjarmasin mengangkut penumpang dua jam sekali pada pukul 10.00 - 15.00 WITA setiap hari.

"Pengguna jasa dari bandara cukup datang ke loket Damri di area terminal kedatangan dengan tarif promo Rp40 ribu, tarif rute sebaliknya sama," ucap dia didampingi Stakeholder Relation Manager Ahmad Zulfian Noor.

General Manager Damri Cabang Banjarmasin Sugiyanto mengatakan, jumlah angkutan pemadu moda yang merupakan kerja sama BUMN sesuai arahan Menteri BUMN tahap pertama baru tiga unit bus. 

"Tahap pertama ini dioperasikan tiga unit bus, dua bus medium kapasitas 25 seat dan satu bus besar kapasitas 34 seat. Jika kondisi sudah normal maka jumlah armada bisa ditambah sesuai kebutuhan," ujarnya.

Dikatakan, tarif yang dikenakan masih promo sebesar Rp40 ribu sekali jalan dan berlaku sekitar satu bulan selama Januari dan penyesuaian tarif mulai Februari yang diperkirakan Rp50 ribu untuk sekali jalan. 

Ditambahkan, jika pandemi COVID-19 berlalu dan transportasi di Bandara Syamsudin Noor kembali normal bisa disiapkan armada bus yang melayani rute bandara ke Banjarmasin dan juga sebaliknya setiap 30 menit berangkat. 

"Perhitungan kami, jika keberangkatan setiap 30 menit maka dengan jarak tempuh kurang lebih 40 kilometer dari bandara menuju Banjarmasin dan sebaliknya dibutuhkan 18 hingga 20 unit bus," katanya. 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022