Sebagai bentuk kepedulian terhadap musibah banjir yang saat ini masih terjadi di wilayah Daha, Negara, Anggota DPRD Hulu Sungai Selatan (HSS), H Husnan dan Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dari Fraksi NasDem, H Iberahim Noor membagikan bantuan 1.000 paket sembako.

1.000 paket sembako tersebut peruntukkannya bagi warga terdampak banjir yang ada di wilayah Daha, meliputi tiga Kecamatan, yakni di Kecamatan Daha Selatan, Daha Barat, dan Daha Utara.

"Penyalurannya kita utamakan memang di daerah-daerah yang berada di ujung-ujung kampung, seperti di Desa Hakurung Dalam, Daha Utara, diketahui di desa ini terdampak parah banjirnya, serta berbatasan langsung dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU)," kata Anggota DPRD HSS, H Husnan, Jum'at (31/12).

Dijelaskan dia, di Desa Hakurung biasanya memang banjir paling lama merendam bahkan sampai dua bulan baru surut dan normal, kedalaman air di rumah warga ada yang selutut, namun memang sudah ada mulai penurunan sekitar 10 centimeter.
 
Penyerahan paket sembako dari Anggota DPRD HSS, H Husnan dan DPRD Provinsi NasDem, H Iberahim Noor
untuk warga terdampak banjir di Daha (Antara/Fathur)


Baca juga: Banjir rendam Daha diprediksi lama, ruas jalan banyak alami kerusakan

Adapun penyerahan sembako ini juga sekaligus bentuk kunjungan dan silaturrahmi ke tempat warga di Daerah Pemilihan (Dapil), serta untuk melihat kondisi langsung warga yang terdampak banjir.

Teknis penyaluran supaya tepat sasaran dilakukan dengan menggunakan data warga terdampak banjir di kantor kecamatan, lalu dibagikan kupon, maka warga bisa mengambil ke kantor desa masing-masing dengan membawa kupon yang telah disediakan.

Selain penyerahan paket sembako di kantor desa, juga ada beberapa paket yang diserahkan simbolis kepada warga, dan untuk hari ini sudah ada enam desa yakni di Hakurung, Banua Hanyar, Parigi, Murung Raya, Balai Paikat, dan Sungai Garuda yang dibagikan paket sembako.

"Total yang diserahkan hari ini 300 paket, dan nantinya sisanya akan kembali kita lanjutkan penyerahannya di hari Minggu(2/1/22), untuk pembagian ke desa-desa lainnya," katanya.
 
Penyerahan paket sembako dari Anggota DPRD HSS, H Husnan dan DPRD Provinsi NasDem, H Iberahim Noor
untuk warga terdampak banjir di Daha (Antara/Fathur)


Baca juga: Video - Partai Nasdem HSS bagikan paket sembako "door to door" di daerah terpencil

Anggota DPRD Kalsel, H Iberahim Noor, mengatakan pembagian paket sembako telah dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar di lapangan, serta berharap rendaman air segera bisa surut di wilayah Daha, sehingga warga dapat beraktifitas normal kembali.

Menurut dia, prihatin dengan kondisi banjir yang terjadi, karena walaupun daerah tersebut terbiasa dengan genangan air namun banjir kali ini jadi terparah, karena jadi daerah tumpukan air dari banjir kiriman hulu sungai dan aliran DAS Barito apabila meluap juga mengarah ke sana.

Pihaknya juga menyatakan dukungan dengan telah turunnya anggota Komisi III DPRD Kalsel yang membidangi infrastruktur sebelumnya telah melakukan peninjauan lokasi, untuk menindaklanjuti dan menyusun langkah-langkah dampak banjir, seperti perbaikan jalan dan lainnya.

"Kalau kami di Komisi IV membidangi masalah kesra, dan upaya yang kami lakukan dengan pembagian sembako ini agar dapat mengurangi beban warga yang terdampak banjir," katanya.
 
Penyerahan paket sembako dari Anggota DPRD HSS, H Husnan dan DPRD Provinsi NasDem, H Iberahim Noor
untuk warga terdampak banjir di Daha (Antara/Fathur)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021