Hingga hari ini, Kamis (30/12) berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Selatan capaian vaksin di Kabupaten HSS telah melebihi target 70 persen dalam upaya percepatan vaksinasi di kabupaten dan kota secara nasional.

Upaya yang masif dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS bersama seluruh pihak terkait, mendapatkan dukungan luas dari masyarakat yang ingin divaksin, dan untuk mendekatkan layanan vaksin petugas juga langsung jemput bola, dengan mendatangi rumah ke rumah warga.

"Perhitungan data laporan masuk memang belum masuk sepenuhnya untuk hari ini, tapi sudah masuk di angka 72,35 persen," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes), Dinkes HSS, Daru Priyanto, di Kandangan.

Baca juga: Vaksinasi BIN di HSS kembali sasar lansia dari rumah ke rumah

Data di Dinkes Kabupaten HSS, sampai, Rabu (29/12) kemarin dari sasaran vaksinasi COVID-19 di Kabupaten HSS sebanyak 179.527 orang sudah mencapai 70 persen lebih.

Dosis pertama sebanyak 127.854 atau 71,22 persen, dosis kedua sebanyak 68.331 atau 38,05 persen dan dosis ketiga sebanyak 1.539 atau 86,41 persen. 

Sebelumnya, Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengatakan agar masyarakat jangan sampai lengah dan abai terhadap protokol kesehatan, juga pesan presiden walaupun sudah vaksin dua kali, jangan pernah sekalipun melepas masker, kata kuncinya vaksin tetap dan masker jangan dilepas.

Ia juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua petugas kesehatan yang tidak mengenal lelah dari pagi sampai sore melayani masyarakat serta kepada terima kasih masyarakat yang datang untuk ikut vaksin atas kemauan dan kesadarannya.

Baca juga: Tinjau enam titik vaksinasi, Bupati HSS sebut kesadaran masyarakat tinggi

“Insya Allah kalau vaksinnya sudah mencapai 70 persen, kita akan segera laksanakan undian sebagaimana yang telah kami janjikan dengan hadiah utamanya tiga buah sepeda motor, di awal bulan Januari 2022 bisa di tanggal 1 atau 2 Januari 2022,” katanya.

Diketahui Pemkab HSS terus melakukan upaya percepatan vaksinasi, termasuk menyediakan hadiah sepeda motor dan beragam door prize lainnya dalam mendorong warganya mengikuti vaksinasi COVID-19, hadiahnya seperti ada tiga buah sepeda motor, sepeda, kulkas, mesin cuci, kompor gas dan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021