Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali melaksanakan vaksinasi dengan sasaran kelompok Lanjut Usia (Lansia) di lima kabupaten atau kota di provinsi ini, salah satunya di Kabupaten HSS.

Vaksinasi ini secara door to door dengan telah mendatangi rumah-rumah warga Lansia di Desa Batang Kulur, Kecamatan Sungai Raya, serta hari ini, Kamis (30/12) di Desa Lungau, Kecamatan Kandangan, vaksinasi ini langsung ditinjau Bupati HSS, H Achmad Fikry serta Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad.

"Vaksinasi ini dilakukan sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo dan Kepala BIN, Jendral Pol (Purn) Budi Gunawan serta Kepala BIN Daerah Kalsel, Brigjen Pol. Heri Armanto S," kata Kaposda BIN Kabupaten HSS, Hartono.
 
Vaksinasi untuk lansia di Desa Lungau, Kecamatan Kandangan (Antara/Fathur)


Baca juga: Target ribuan dosis vaksin disasar BIN Kalsel kolaborasi pentahelix HSS

Dijelaskan dia, pihaknnya menggelar vaksinasi bagi Lansia ini guna mengejar capaian 70 persen herd immunity di akhir tahun 2021 ini sesuai dengan target pemerintah, dalam kegiatan ini BIN Daerah Kalsel bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS menyediakan ribuan dosis vaksin.

BIN berkolaborasi dengan Pemkab HSS dan para pemangku kebijakan terkait lainnya, mulai dari penyediaan vaksin dan tenaga kesehatan, hingga pendataan dan pengerahan sasaran, agar pelaksanaan vaksinasi ini bisa optimal.

Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran BIN Daerah Kalsel atas pelaksanaan vaksinasi di daerahnya, serta seluruh jajaran camat, TNI, Polri dan kepala desa.

"Alhamdulillah pelaksanaan vaksinasi telah dapat berjalan lancar dan tertib,” katanya.
 
Vaksinasi untuk lansia di Desa Lungau, Kecamatan Kandangan (Antara/Fathur)


Baca juga: Kembali vaksinasi dari rumah ke rumah BIN Kalsel sasar 680 warga HSS

Ia berharap, dengan massifnya pelaksanaan vaksinasi dari seluruh pihak, maka target 70 persen herd immunity di akhir tahun 2021 atau menjelang tahun 2022 ini bisa tercapai dan dipenuhi.

Untuk diketahui, selama Bulan Desember 2021 ini BIN Daerah Kalsel terus menggencarkan vaksinasi massal dengan sasaran kelompok masyarakat, khususnya lansia serta pelajar dan santri, dengan target mencapai 52.820 dosis.

Kepala Desa Lungau, M. Kholiq, mengatakan di desanya sudah dilaksanakan kegiatan vaksinasi sebanyak enam kali, dan bersyukur selama vaksinasi diikuti antusias warga.

"Untuk hari ini yang berhadir langsung 147 orang, dari sasaran 1.600 orang warga di desa sekarang sudah tervaksin sekitar 900 orang, dan dihari ini memang untuk masyarakat umum tetapi yang diutamakan yang lansia," katanya.
 
Vaksinasi untuk lansia di Desa Lungau, Kecamatan Kandangan (Antara/Fathur)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021