Maraknya pelatihan tata boga yang dilaksanakan pemerintah desa di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersama MC Organizer mendapat perhatian dari anggota  DPRD HSU.

"Saya berterima kasih dan mengapresiasi kepada MC Organizer yang memberikan pendidikan dan keterampilan kepada kaum wanita di desa agar bisa membuka usaha dan mandiri," ujar anggota komisi I DPRD HSU Hj Hananiah di Amuntai, belum lama ini.

Hananiah mengaku mengamati berbagai kegiatan pelatihan di desa dalam rangka  meningkatkan ekonomi dan pendapatan masyarakat, dimana banyak pemerintahan desa menggandeng centra boga Amuntai Marissa Cathering (MC) Organizer sebagai pihak instruktur pelatih.
 
Anggota Komisi I DPRD HSU Hj Hananiah S.Sos (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Salah desa yang menjalin kerja sama dengan MC Organizer dalam upaya memberdayakan masyarakat desa adalah Desa.Kandang Halang Kecamatan Amuntai Tengah.

Hananiah yang juga merupakan Ketua TP. PKK Desa Kandang Halang mengutarakan nanti akan membentuk TP.PKK desa Kandang halang dimana akan memasukan kegiatan ini ke dalam pokja III agar mereka lebih mengetahui mengenai Gizi pangan.

"Jadi nanti ibu-ibu pelaku usaha boga bisa diberi bimbingan bagaimana penganeka ragaman pangan, menciptakan perilaku yang baik tentang penggunaan pangan yang baik, sehingga bisa mewaspadai terjadinya keracunan pada pangan," jelasnya.
 
Kepala Desa Kandang Halang H M Yunus Sulaiman. (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Hana juga mengatakan, akan membawa Kegiatan - kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa ini  ke dalam rapat - rapat yang dilaksanakan di DPRD Kabupaten HSU untuk lebih diupayakan pengembangannya lebih lanjut.

Hananiah berharap Dinas Komunikasi dan Informatika bisa turut mempromosikan aneka produk kuliner yang dihasilkan kaum wanita di desa, termasuk peserta pelatihan tata boga binaan MC Organizer.

"Kominfo bisa menginformasikan kepada masyarakat bahwa kegiatan - kegiatan pelatihan semacam ini sangat bermanfaat sekali," kata Hananiah.

Kepala Desa Kandang Halang H. M. Yunus Sulaiman membuka secara resmi Kegiatan pelatihan dan berharap kegiatan ini bisa meningkatkan keterampilan kaum ibu dan juga meningkatkan gizi daripada keluarga serta masyarakat di Desa Kandang Halang.
 
Manajer MC Organizer Elisa Ramadhani atau Marissa turun tangan juga melatih kaum ibu di Desa Kandang Halang. (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Dirinya mengharapkan, dengan kegiatan ini juga membantu terhadap pertumbuhan ekonomi keluarga yang saat ini pada masa ini masih perlu pendampingan ekonomi melalui kegiatan ini sehingga ibu ibu bisa mengolah, menjual dan juga meningkatkan pendapatan keluarga.

Adapun kegiatan pelatihan tata boga ini diikuti 20 orang ibu - ibu dan remaja putri dari Desa Kandang Halang di pandu Ooeh instruktur/ pelatih Elisa Ramadhani dan staf dari Mc Organizer.

"Kita latih dan dampingi mereka sampai bisa buka usaha boga atau Kuliner sendiri serta bisa mempromosikan jualannya secara online," kata Elisa.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021