Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry memamparkan inovasi unggulan Kabupaten HSS "Satu NIK", dalam penilaian virtual Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 yang dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri).

Ia mengatakan, Satu NIK adalah inovasi unggulan yang sudah dijalankan selama satu tahun ini, Satu NIK merupakan inovasi baru yang dikembangkan dengan satu data berbasis web terpadu yang disajikan dalam level kecamatan, desa, dengan by a name dan by address, sehingga data bisa dipersentasikan.

Baca juga: Empat taruna SSTD kader inovasi di HSS

"Kita harapkan dengan Satu NIK bisa dijadikan pedoman sasaran program dari pemerintah daerah lainnya, sehingga pelaksanaan pembangunan lainnya bisa bersifat inovatif dan kolaboratif," katanya, dalam presentasi dari Media Center Setda HSS, Rabu (24/11).

Diketahui Kabupaten HSS dinilai sebagai salah satu kabupaten yang terinovatif, berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Kemendagri tersebut, HSS masuk menjadi salah satu nominator penerima penghargaan IGA Tahun 2021. 

Bupati HSS didaulat untuk mempresentasikan inovasi daerah yang telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS kepada Tim Penilai, dan menjadi salah satu kepala daerah yang inovasinya berhasil masuk 12 besar nominasi IGA Tahun 2021.

Baca juga: Klinik UMKM inovasi Disnakerkop sejahterakan masyarakat

Dalam 158 inovasi yang dilaporkan ke sistem Kemendagri, ada delapan uji coba dan 150 penerapan. Dari 150 inovasi tersebut, ada 55 inovasi yang sifatnya digital, dan salah satunya adalah Satu NIK dari Kabupaten yang dipaparkan pada presentasi ini.

Dalam presentasi, Bupati HSS didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten HSS, H. Muhammad Noor, dan beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021