Setelah bersaing ketat dengan 417 Kabupaten, akhirnya Pemerintah Kabupaten Tabalong berhasil meraih perdikat Kabupaten Terinovatif dalam Innovative Government Award (IGA) tahun 2021 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Piagam dan Trophy IGA Kemendagri tersebut diserahkan langsung kepada Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Rabu (29/12).

 Dalam amanatnya, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, M Tito Karnavian menjelaskan pemberian penghargaan inovasi Pemerintah Daerah merupakan sesuatu yang membangun kompetitif bagi Pemda serta untuk menunjukan kinerja nyata Pemda dalam pembangunan dan pelayanan bagi masyarakat.

”Masyarakat juga ikut menilai langsung terobosan Pemdanya ," jelas Mendagri.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani sangat bersyukur atas prestasi yang didapat pada kompetisi inovasi pemerintah daerah yang dibuat oleh Kemendagri,.

 ”Alhamdulillah kita berada pada peringkat keempat pada kategori Kabupaten Terinovatif, ini sangat membanggakan terlebih tahun yang lalu kita masih tercecer di peringkat 274 atau masuk kedalam golongan Kabupaten kurang inovatif”, terang H Anang Syakhfiani.

 Bupati menambahkan peringkat keempat se Indonesia pada IGA tahun 2021 menjadi bukti kerja keras semua pihak yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong untuk membuat inovasi dan terobosan serta mengaplikasikannya untuk masyarakat.

 ”Kita harus terus melakukan inovasi karena seperti Mendagri katakan bahwa inovasi merupakan keharusan dalam menjalankan Pemerintahan," tambah Anang.

Dari 34 Inovasi Pemerintah Kabupaten Tabalong yang dijaring tim penilai Innovative Governement Award (IGA) tahun 2021 ada lima inovasi dan terobosan yang menjadi unggulan Pemerintah Kabupaten Tabalong yaitu, Perumda Kanda Tani (Perusahaan Umum Daerah Meningkatkan Pendapatan Petani), Taman Beta (Tetap Pintar dan Aman Dengan Belajar Melalui TV Tabalong), Paliat Online (Pelayanan Aplikasi Perijinan Tabalong Online), Langsat Manis (Layanan Angkutan Gratis dan Nyaman Untuk Masyarakat) dan Inovasi Tanjung Bersinar (Tanya, Jaga dan Dukung Bersama si Penyintas Corona).

Sebagai informasi setelah melewati empat tahapan secara Nasional, ada 39 pemerintah daerah masuk nominator IGA Tahun 2021.

Adapun ke 39 Pemda tersebut telah dibagi ke dalam beberapa klaster, yakni tujuh Pemerintah Provinsi, 12 Pemerintah Kota, 12 Pemerintah Kabupaten, 5 Pemda di daerah perbatasan, serta 3 Pemda di daerah tertinggal.

Pewarta: *

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021