Balangan, (Antaranews Kalsel) - Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Balangan, Kalsel, mendapatkan bantuan mesin panen padi yang dibagikan kepada kelompok tani setempat.


Kabid Pertanian Dinas PTPHPP  Mochtar Hadi, di Balanga, Selasa mengatakan bantuan alat tersebut merupakan murni pengadaan dari APBN pusat, begitu pula dengan sebelumnya tahun 2013, pihaknya juga mendapatkan empat unit mesin tersebut dan sudah dibagikan.

Dijelaskan sebanyak empat kelompok tani di Kabupaten Balangan mendapatkan empat unit mesin alat panen serba guna dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, Peternakan dan Perikanan tersebut.

"Alat ini akan kita bagikan kepada kelompok tani yang ada di Kecamatan Paringin, Paringin Selatan, Awayan dan Kecamatan Juai," ungkapnya.

Untuk Kecamatan Lampihong dan Batumandi yang memiliki potensi pertanian terbesar di Balangan ujar Mochtar, sebelumnya sudah dibagikan masing-masing dua buah.

Balangan sendiri dinilai memiliki kawasan yang sukses dalam mendukung swasembada pangan jenis padi, sehingga perhatian pusat terhadap Balangan ditunjukkan dengan berbagai bantuan yang telah diterima.

Prioritas selanjutnya adalah Kecamatan Halong dan Tebing Tinggi, namun menunggu tahap bantuan berikutnya, ungkap Mochtar Hadi

Dengan adanya mesin ini sangat membantu para petani terutama efisiensi waktu saat panen. Mesin ini juga mampu bekerja dengan tiga kombinasi yakni memotong padi, merontok, dan membersihkan hampa (benih yang kosong).

"Jika secara manual para petani dalam satu hektar memanen memerlukan waktu selama satu hingga dua hari, dengan mesin ini cukup tujuh jam benih sudah bersih dan bisa langsung dimasukkan kedalam karung, dirumah tinggal dijemur saja lagi," jelasnya.

Mochtar berharap, kelompok tani bisa menggunakannya dengan baik dan bergantian, sehingga alat ini benar-benar dapat bermanfaat untuk semua petani.

Saat ini mesin canggih bernama Combine Harvester itu sudah selesai dirakit dan sudah dibagikan ke kelompok tani, serta bisa langsung digunakan.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015