Gubernur Kalimantan Selatan Dr (HC) H Sahbirin Noor meminta para bupati dan wali kota di daerahnya untuk mempercepat capaian vaksinasi COVID-19 hingga 80 persen secara peovinsi pada akhir tahun.

"Dari laporan kepada saya, capaian target vaksinasi COVID-19 di provinsi kita sekitar 69 persen," ujarnya saat peluncuran TEMAN BUS dari Kemenhub RI untuk transportasi massal Banjarbakula di Kabupaten Banjar, Rabu.

Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel, meminta 13 kabupaten/kota di provinsi ini untuk kepala daerahnya makin meningkat program vaksinasi diwaktu tersisa sekitar 11 hari ini hingga tutup tahun.

"Kita bergerak sudah luar biasa selama ini, terus tingkatkan, hingga target pembentukan herd immunity bisa dicapai akhir tahun," ujarnya.

Sebagaimana yang disampaikan Dinkes Provinsi Kalsel, target vaksinasi COVID-19 untuk 13 kabupaten/kota sebanyak 3,16 juta orang.

Gubernur Kalsel memberikan apresiasi kepada TNI-POLRI yang sudah membantu cukup besar untuk peningkatan program vaksinasi di provinsinya ini.

"Saat ini juga kasus COVID-19 di provinsi kita sudah sangat melandai, terus pertahanan ini," ujar Paman Birin.

Dia pun meminta jangan sampai lengah disiplin protokol kesehatan, apalagi menghadapi libur Natal dan tahun baru ini.

"Kita harus tingkatkan kewaspadaan, apalagi saat ini virus varian baru COVID-19 yang dinamakan Omicron sudah mulai, moga jangan sampai masuk ke daerah kita," tuturnya.

Dari laporan Dinkes Kalsel pada hari ini, ada tambahan satu kasus baru  COVID-19 di Kota Banjarmasin, hingga total kasus COVID-19 di provinsi ini sebanyak 69.946, orang, sembilan orang diantaranya masih dirawat.

Sementara itu untuk kesembuhan pada hari ini ada tambah dua orang dari Kota Banjarmasin dan Katabaru, hingga total yang sembuh sampai saat ini sebanyak 67.546 orang.

Sementara itu, untuk kasus meninggal dunia karena COVID-19 ini sebanyak 2.391 orang.

Secara persentase, kesembuhan dari COVID-19 di Provinsi Kalsel ini 96,57 persen, sedang kematian 3,42 persen.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021