Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Tanah Laut menggelar Sosialisasi dan Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA), di Lingkungan Pemkab Tanah Laut,  di Ruang Barakat, Senin (20/12).

Kepala Dispusip Tanah Laut Antoeng Mas Rhody Erhansyah mengatakan,  tujuan penilaian pengelolaan kearsipan terbaik SKPD Tanah Laut adalah, untuk memberikan penghargaan bagi SKPD yang telah dan sedang berupaya mengelola arsipnya dengan baik dan tertib.

"Penghargaan ini memberikan motivasi kepada SKPD, aparat desa di lingkup Pemkab Tala supaya dapat mengelola arsip jadi lebih tertata dan tertib,"ujar Rhody Erhansyah. 

Sementara, Bupati Tanah Laut diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Laut H Dahnial Kifli meminta kepada seluruh pengelola kearsipan SKPD agar meningkatkan kualifikasi dan kapasitasnya serta  menyesuaikan pesatnya perkembangan teknologi informasi yang membawa perubahan pada sistem kerja dan sistem layanan pemerintah diberbagai sektor. 

Salah satunya, menurut dia,  penggunaan dokumen kertas yang semakin dikurangi tentu berdampak pada pengelolaan kearsipan.

"Mari kita semua kelola arsip dengan baik, dengan arsip yang baik kita susun perencenaan yang terukur dan terarah. Kita lakukan pembangunan dengan seksama dan kita dokumentasikan hasil pembangunan," Kata Dahnial Kifli.

Usai mencanangkan GNSTA secara resmi pada acara itu, Sekdakab Tanah Laut H Dahnial Kifli  juga melakukan penyerahan piagam penghargaan bagi SKPD dengan pengelolan arsip terbaik tahun 202.

Penghargaan terbaik pertama diraih oleh 
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tanah Laut dan terbaik kedua diraih Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Tanah Laut serta terbaik ketiga diraih  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021