Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Machli Riyadi menyatakan, daerahnya belum bisa memulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6--11 tahun pada hari ini.

Menurut Machli Riyadi di Banjarmasin, Rabu, vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6--11 tahun secara nasional resmi dimulai hari ini, namun di Banjarmasin terkendala dengan capaian target vaksinasi bagi warga Lanjut Usia (Lansia).

"Jadi syaratnya harus 60 persen capaian vaksinasi bagi Lansia baru daerah ini bisa gelar vaksinasi bagi anak usia 6--11 tahun," paparnya.

Menurut Machli Riyadi, capaian vaksinasi COVID-19 bagi Lansia saat ini bahkan belum mencapai 50 persen di Kota Banjarmasin sesuai target sasaran.

"Karenanya kita genjot terus program vaksinasi COVID-19 ini dengan fokus sasaran Lansia," ujarnya.

Sebab target sasaran vaksinasi COVID-19 bagi Lansia ini sebanyak 45 ribu lebih.

"Kita harap masyarakat mendukung percepatan program vaksinasi COVID-19 ini dengan membawa keluarganya yang Lansia untuk ikut divaksin," papar Machli Riyadi.

Sebab, tutur dia, program vaksinasi COVID-19 ini untuk terciptanya kekebalan secara kelompok dalam menghadapi pandemi yang belum tuntas ini.

Terkait data berapa jumlah anak usia 6--11 tahun yang target sasaran vaksinasi COVID-19 di Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengaku belum mengantongi datanya.

"Belum ada datanya (Jumlah anak usia 6--11 tahun yang memenuhi syarat divaksin)," ujarnya.

Machli Riyadi menyampaikan, bahwa program vaksinasi COVID-19 di Kota Banjarmasin hingga kini sudah mencapai 72 persen dari target sasaran untuk keseluruhan, di luar anak usia 6--11 tahun.

"Capaian 72 persen ini untuk suntik dosis pertama, kalau dosis kedua baru sekutar 55 persen dari target 656 ribu," ujarnya.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021