Pemerintah Kabupaten Tabalong mulai melakulan pembukaan lahan atau land clearing untuk pembangunan Kebun Raya Tanjung Puri di Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong Rowi Rawatianice menyampaikan telah melakukan rapat persiapan land clearing bersama tim teknis dan tim pelaksana.

"Sebagai Kebun Raya akan lebih menonjolkan kekhasan daerah salah satunya menanami aneka pohon lokal dan langka ," jelas Rowi.

Jenis pohon yang ditanam seperti langsat dan buah- buahan khas Tabalong serta jenis pakis-pakisan khas Kalimantan.

Termasuk pohon-pohon endemik dan langka sebagai koleksi di Kebun Raya Tanjung Puri. “Kita ingin Kebun Raya Tanjung Puri bisa menjadi tempat edukasi,” kata Rowi. 

 Hal ini sesuai usulan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk menjadikan Kebun Raya Tanjung Puri sebagai kawasan konservasi dan taman edukasi bagi masyarakat.

 Sebelumnya Pemkab Tabalong menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk pembuatan master plan pembangunan Kebun Raya Tanjung Puri.

Kebun raya Tanjung Puri ini nanti dibangun pada lahan seluas 32,37 hektare dan Pemkab Tabalong telah menguasai lahan sekitar 40 hektare.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021