Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan memperkenalkan produk unggulan berupa kerajinan eceng gondok dan purun ke Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat.


Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Dikuperindag) Kabupaten HSU memboyong aneka produk unggulan daerah ke ajang Pameran Parekraf (Pariwisata dan konomi kreatif) Expo 2015 di Mataram, Lombok, NTB) 17-20 September.

"NTB merupakan daerah tujuan wisata yang cukup ramai dikunjungi wisatawan sehingga sangat strategis bagi Pemkab HSU mengikuti pameran di Ajang Parekraf di daerah ini," Ujar Kepala Dikuperindag Ahmad Redhani Effendi di Amuntai, Selasa.

Redhani mengatakan melalui pameran bisa dilakukan penjajakan pemasaran, relasi usaha bagi perajin HSU agar lebih berkembang.

"Melalui Parekraf Expo 2015 berbagai tehnik desain produk bisa diadaptasi bagi pengembangan kualitas produk unggulan daerah," tuturnya.

Pameran yang mendapat dukungan berbagai Kementerian dan asosiasi terkait ini diperkirakan akan menjadi pusat perhatian berbagai pelaku usaha dan industri menengah sehingga membuka peluang bagi HSU memperluas pemasaran produk kerajinan daerah.

Redhani menuturkan, produk eceng gondok dan purun tetap menjadi unggulan Kabupaten HSU terkait kondisi wilayah yang menyediakan bahan baku melimpah dan jumlah perajin yang cukup besar.

"Untuk meningkatkan kualitas perajin sudah dilakukan berbagai pelatihan motif dan desain produk, namun khusus kerajinan eceng gondok terkendala jumlah perajin sementara permintaan pasar mulai terbuka," jelasnya.

Sedangkan jumlah perajin purun cukup besar namun permintaan pasar yang justru masih kurang dibanding kerajinan eceng gondok.

Redhani memaparkan jumlah perajin purun di Kabupaten HSU sebanyak 24.843 orang dengan 13.632 unit usaha, sedang perajin eceng gondok 410 orang dengan 264 unit usaha.

Untuk menambah jumlah perajin eceng gondok dilaksanaka pelatihan pemula dan peningkatan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM../Eddy Abdillah

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015