Sebanyak 1236 santri Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) se- Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti pelaksanaan wisuda serentak di Mesjid Raya At Taqwa Amuntai.

Wisuda santri serentak ini sudah ke-32 dilaksanakan oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten HSU sekaligus Khataman Al Qur'an serentak  Ke-15 .

Mengusung tema " Generasi Islami adalah Generasi cinta Al Qur'an Menuju Indonesia Maju " kegiatan ini dihadiri Plt Bupati HSU H Husairi Abdi.

"Semoga momen penting dan mengesankan ini akan dapat memacu anak-anak untuk lebih mencintai al-qur'an, memuliakan al-qur'an, gemar membaca, mendalami dan mengamalkan isi kandungan Al-quran dalam kehidupan sehari-hari," ,ujar Husairi Abdi di Amuntai, Minggu (12/12).
 
Plt Bupati HSU H Husairi Abdi melakukan prosesi pemindahan tali topi toga para santri TPA yang mengikuti wisuda serentak dan massal yang dilaksanakan BKPRMI HSU di Mesjid Raya At Taqwa Amuntai, Minggu (12/12). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Husairi mengatakan, generasi muda saat ini, dihadapkan dengan berbagai problematika kehidupan, seperti tindak kekerasan terhadap anak, eksploitasi terhadap anak, narkoba, dan lain-lain 

Keberadaan TPA sangat memberikan andil dalam membina generasi muda sejak usia belia, melalui bekal ilmu agama sehingga mereka tumbuh menjadi generasi yang siap menghadapi  berbagai tantangan kedepan.

Husairi yang juga ketua DPD BKPRMI Kabupaten HSU kembali mengingatkan peran orang tua, guru dan masyarakat dalam mendidik, menjaga dan mengawasi perkembangan anak-anak sehingga mereka siap menjadi penerus estafet pembangunan bangsa.

"Menjadi tanggung jawab bersama apalagi dalam memberikan pendidikan baca tulis Al-Qur'an dan penanaman nilai-nilai luhur dan akhlak mulia kepada anak-anak," tegasnya.
 
Plt Bupati HSU H Husairi Abdi Lc (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Terakhir, Husairi juga mengaku bangga untuk tahun 2021, salah satu qoriah terbaik asal HSU yakni Hj Nida Khairiyah dipanggil DPW BKPRMI Provinsi Kalsel untuk mewakili Kalimantan Selatan bersama qori Komaruddin asal Hulu Sungai Selatan diajang MTQ Antar Bangsa yang digelar pada 12-15 Desember 2021 di Banda Aceh. 

Acara wisuda santri TPA dihadiri pula  Perwakilan Kantor Kementerian Agama Kabupaten HSU, Pembina LPP-TKA BKPRMI Kabupaten HSU, Dewan Perwakilan Wilayah BKPRMI Provinsi Kalimantan Selatan,  Forkopimda serta Jajan DPD BKPRMI HSU dan para orang tua santri. 

Wisuda juga di isi pembacaan Ayat-ayat Suci Al-Quran dan doa Khatam Al-Qur'an, dalam Prosesi Wisuda, juga diawali dengan pembacaan Ikrar Santri oleh Ahmad Riyadi dan Dewi Rahmatul Az Zahra dari TPA Maesjid Raya Amuntai diikuti oleh seluruh wisudawan santri - santriwati BKPRMI HSU.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021