Pemerintah Kota Banjarbaru melalui aksi Banjarbaru Datangi Tetangga (Badatang) Juara membantu daerah tetangga yang merupakan saudara tua yakni Kabupaten Banjar memberikan vaksinasi kepada masyarakat. 

Bentuk dukungan yang diberikan dengan mengirim tenaga kesehatan atau vaksinator dan mobil operasional melaksanakan vaksinasi di Desa Tajau Landung Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Sabtu. 

"Kami berupaya membantu tetangga yang juga saudara tua Banjarbaru memberikan vaksin kepada anggota masyarakat khususnya di Desa Tajau Landung," ujar Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin. 

Ia mengatakan, sebagai daerah yang bertetangga sudah sewajarnya saling membantu demi mendorong capaian angka vaksinasi guna mempercepat pembentukan kekebalan kelompok di tengah masyarakat. 

Disebutkan, cakupan vaksinasi di Kota Banjarbaru pekan pertama Desember sudah mencapai 72 persen lebih dan telah melampaui target 70 persen dari tenggat waktu yang ditetapkan yakni akhir November 2021.

"Alhamdulillah, kita berhasil mencapai target cakupan vaksinasi 70 persen pada akhir November sehingga saat ini bisa membantu daerah tetangga yang pencapaian vaksinasinya masih belum mencapai target," ucapnya. 

Kepala Dinas Kesehatan Banjarbaru Rizana Mirza mengatakan, pihaknya menurunkan satu tim dokter serta petugas rumah sakit sebanyak 10 orang yang membantu penyuntikan vaksin jenis Pfizer di desa tersebut. 

"Jumlah warga yang divaksinasi total mencapai 400 orang dan warga yang disuntik vaksin tim nakes kita sekitar 150 orang, sisanya divaksinasi nakes Kabupaten Banjar di halaman Masjid Darul Fa'idzin," ujarnya. 

Dikatakan, pihaknya sebelum turut membantu vaksinasi warga daerah tetangga berkoordinasi dengan Dinkes Banjar dan Kodim 1006/Banjar serta mendapat sambutan positif sehingga bisa bersama-sama memvaksinasi.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021