"Alhamdulillah sekarang anak - anak tak lagi belajar sambil lesehan," ungkap Herman guru Agama Islam di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Kabupaten Balangan.

Rasa suka cita ini dilontarkanya setelah sekolah tempatnya mengabdi punya ruang kelas permanen bantuan program Corporate Social Responsibillity Balangan Coal Group.

 Melalui salah satu anak perusahaannya PT Semesta Centramas – Balangan Coal Group membantu pembangunan Ruang Kelas Baru dan penambahan meja, kursi hingga renovasi Mushalla SMA1 Tebing Tinggi Kecamatan Tebing Tinggi.

Herman menuturkan sebelum punya ruang kelas permanen para siswa kelas 12 harus belajar di gudang milik desa karena minimnya sarana dan prasarana pendidikan di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi.

"Kami sangat terbantu dengan tambahan kelas, bangku bahkan bisa memiliki mushalla yang lebih luas," ungkapnya. Selaku Kepala Sekolah Eko Prayitno juga melontarkan hal senada dan menyampaikan rasa syukur atas program CSR Balangan Coal Group berupa penyediaan sarana dan prasarana pendidikan.

 "Sekarang kami tidak perlu meminjam gedung masyarakat atau milik desa karena sekarang sudah memiliki ruang kelas permanen," jelas Eko.

 Ia menyebutkan antusiasme masyarakat baik yang tinggal di Kecamatan Tebing Tinggi maupun yang tinggal di sekitar perbukitan Meratus cukup tinggi dalam menuntut ilmu atau menyekolahkan anak mereka sampai jenjang SLTA.

Terbukti makin bertambahnya jumlah peserta didik di SMA Negeri 1 Tebing yang memiliki sejumlah prestasi.

Diantaranya juara Lomba Olahraga Tradisional Tingkat Pelajar Se-Kalimantan Selatan yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan.

Melalui program Adaro Nyalakan Ilmu bentuk program dan Jumlah dana bantuan CSR dari Balangam Coal Group mencapai Rp300 juta guna mendukung peningkatan kualitas SDM di wilayah operasional perusahaan.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Division Head External Relation Balangan Coal Group Thoha menyampaikan program ini untuk mengatasi masih rendahnya jumlab siswa yang mau melanjutkan pendidikan hingga tingkat SLTA khususnya di Kecamatan Tebing Tinggi.

"Dukungan dalam bentuk penyediaan sarpras pendidikan diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kecamatan Tebing Siring," ungkap Thoha.

Balangan coal group sebagai salah satu unit bisnis Adaro mempunyai komitmen yang kuat untuk turut serta membantu daerah dalam meningkatakan kualitas sumber daya manusia sesuai pilar Adaro Nyalakan Ilmu.

Selain di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi rencana program CSR bidang pendidikan juga disalurkan ke sejumlah sekolah di Kabupaten Balangan berupa pengadaan alat peraga edukatif dan perlengkapan laboratorium

Pewarta: *

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021