Pemerintah Kabupaten Balangan menargetkan pada 20 Desember 2021 pencapaian vaksinasi harus mencapai 70 persen karena saat ini telah mencapai sekitar 57 persen.

"Bupati Balangan H Abdul Hadi meminta, pada hari libur bisa dilaksanakan vaksinasi dan ditargetkan 70 persen vaksinasi tercapai 20 Desember 2021 nanti," kata Plt Kepala BPBD Balangan H.Rahmi usai melaksanakan kegiatan rapat koordinasi guna percepatan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Balangan bersama dengan Satgas COVID-19 di Paringin, Rabu.

Selain itu ujar dia sesuai arahan dan permintaan ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Balangan H Abdul Hadi, target vaksinasi 70 persen bisa tercapai dan meminta giat vaksin di Balangan dilaksanakan juga pada hari libur terutama pada hari Minggu.

Sementara itu, dukungan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 demi percepatan pencegahan penyebaran pandemi global, juga datang dari tokoh agama setempat yaitu Al-Habib Muhammad Zaky Alaydrus.

"Vaksinasi COVID-19 termasuk dalam upaya kita untuk melindungi diri dari penyakit tersebut, sekaligus mencegah kita menularkan penyakit COVID-19 kepada orang lain, terutama lingkungan terdekat," tukasnya.

Dia menjelaskan, bahwa hukum menjaga kesehatan itu wajib apalagi dalam kondisi saat ini, dimana COVID-19 menjadi sebuah pandemi global di seluruh dunia.

Lanjut Habib Zaky, vaksin COVID-19 itu sendiri sudah dinyatakan halal melalui fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), sehingga tidak ada alasan untuk menolak vaksin karena alasan agama.

Terakhir tambahnya, tatkala seseorang sakit padahal ada cara mencegah dan cara mengobatinya, maka bisa termasuk dalam kategori menganiaya diri sendiri. Terlebih jika itu diketahui bersama bisa menular kepada orang lain, terutama orang-orang terdekat seperti keluarga sendiri.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021