Kabupaten Balangan menerapkan status siaga banjir sampai 12 Desember 2021 dan masyarakat diimbau untuk tetap selalu waspada terkait cuaca serta datangnya banjir.

"Kami imbau kepada warga masyarakat untuk tetap selalu waspada terkait cuaca dan datangnya banjir, karena status siaga banjir masih diberlakukan sampai tanggal 12 Desember," kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi usai menggelar Rapat Koordinasi Teknis Terbatas Tim Penanggulangan Banjir di Paringin, Selasa.

Menurutnya, secara formal Status Siaga di Balangan sampai tanggal 12 Desember, namun tak menutup kemungkinan akan diperpanjang, melihat kondisi perkembangan di lapangan.

Diketahui, kondisi terkini banjir di Balangan saat ini sudah surut dan kering, kemudian cuaca juga stabil dalam beberapa hari, hanya tinggal pembersihan lagi.

Selain itu ujarnya, potensi banjir bisa saja kembali terjadi sesuai dengan prediksi cuaca yang dirilis BMKG, bahwa diperkirakan musim hujan masih akan terjadi dan berlangsung hingga Januari 2022. 

Oleh karena itu, ia mengharapkan semua elemen dan organisasi serta pemerintah bersinergi untuk menanggulangi bencana banjir, serta kepada warga agar selalu waspada.

Lebih lanjut ungkapnya, bahwa kendala yang dihadapi saat penanganan banjir kemarin di antaranya adalah, belum terkonsolidasi secara terorganisir dan sistematis personel di lapangan.

"Melalui rakor kali ini kami memperbaiki sistem organisasi penanganan banjir selanjutnya, yang kedua kendala yang dihadapi adalah keterbatasan logistik dan sarana, tapi dalam waktu dekat soal logistik akan disalurkan kesemua wilayah kecamatan," pungkasnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021