Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Ibnu Sina menyerukan warganya untuk waspada air pasang tinggi dan saling tolong hadapi banjir rob.

"Saat ini air pasang (rob) mulai tinggi menggenangi kawasan dan pemukiman, harap hati-hati di rumah, saling bantu, saling tolong disaat bencana alam seperti fenomena tahunan, calap (banjir)," ujarnya dalam pernyataan resmi dirilis Humas Pemkot Banjarmasin, Senin.

Dia pun berharap, fenomena La-Nina ini tidak berkepanjangan hingga tidak terjadi banjir besar seperti pertengahan bulan Januari awal tahun tadi.

"Sama-sama kita berdoa agar diberi kesabaran dan terhindar dari bala musibah," ucapnya.

Ibnu Sina pun mengatakan, jika warganya perlu bantuan bisa menghubungi Posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan nomor yang bisa dihubungi 08115191964.

Saat ini pun, Pemkot Banjarmasin sudah menetapkan status diaga darurat banjir dan air pasang.

Sebagaimana pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, bahwa banjir rob terjadi sejak pukul 19.30 Wita pada Minggu malam hingga 00.50 WITA dinihari Senin.

Ada puluhan kelurahan yang terdampak banjir rob, diantaranya di Jalan Jafri Zam-zam, Kelurahan Belitung Selatan fengan ketinggian air sekitar 30--40 cm, Jalan Pembangunan Ujung, Kelurahan Kuin Cerucuk fengan ketinggian air : 30--40 cm, Jalan Kuin Kelurahan Kuin Selatan fengan ketinggian air sekitar 30--40 cm.

Selanjutnya di Jalan Simpang Anem, Kelurahan Belitung Utara dengan ketinggian air sekitar 30--50 cm, Jalan Cendrawasih, Kelurahan Belitung Selatan dengan
ketinggian air sekitar 30--40 cm, Jalan Sutoyo S Gg.20, Kelurahan Teluk Dalam dengan ketinggian air sekitar 30--40 cm.

Untuk di Banjarmasin Selatan diantaranya, tutur Fahruraji, Jalan 9 Oktober, Kelurahan Pekauman dengan ketinggian air sekitar 30--40 cm, Jalan Kelayan B, Kelurahan Kelayan Timur dengan ketinggian air sekitar 20--30 cm, Jalan Keramat (Kubah Basirih), Kelurahan Basirih dengan ketinggian air sekitar 30--50 cm.

Di Banjarmasin Tengah, kata Fahruraji, diantaranya, Jalan Rawasari Komp. Citra Sari, Kelurahan Teluk Dalam dengan ketinggian air sekitar 30--40 cm, Jalan Antasan Kecil Barat (Kampung Arab), Kelurahan Pasar Lama dengan ketinggian air sekitar 20--30 cm.

Sementara itu, di Banjarmasin Utara, kata dia, diantaranya di Pangeran, Kelurahan Pangeran dengan ketinggian air sekitar 30--40 cm, Jalan Sungai jingah Kelurahan Sungai Jingah dengan ketinggian air sekitar 30--40 cm dan Jalan Sungai Miai Kelurahan Sungai Miai dengan ketinggian air sekitar 30--50 cm.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021