Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK mengharapkan ke depan ada penambahan irigasi di Kabupaten Barito Kuala (Batola) yang berada pada bagian barat provinsi tersebut.

"Harapan itu ketika memantau hasil pembangunan irigasi di Sungai Raya Kecamatan Cerbon, Batola," ujar Humas Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel melalui WA-nya, Selasa (30/11) malam.

Ketua Dewan provinsi menyatakan alhamdulillah pengerjaan irigasi yang dia pantau 100 persen selesai, ungkap Juru Bicara Setwan Kalsel tersebut.

Namun anggota DPRD Kalsel dua periode yang bergelar sarjana hukum, magister hukum serta mendapat gelar doktor kehormatan itu berharap Tahun 2022 ada tambahan lagi beberapa titik di daerah pertanian pasang surut Batola itu.

"Dengan penambahan titik jaringan irigasi kita harapkan apabila terjadi kenaikan debit air yang signifikan kembali di bagian hulu, akan cepat dialirkan," ujar politikus senior Partai Golkar tersebut seperti dikutip Humas Setwan Kalsel.
Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK saat meninjau hasil pembangunan irigasi Sungai Raya Kecamatan Cerbon, Kabupaten Barito Kuala (Batola), 30 November 2021. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

Ketua DPRD Kalsel itu memantau lokasi irigasi tersebut menggunakan pesawat tanpa awak (drone). "Pembangunsn irigasi di Sungai Raya ini, murni menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kalsel," kata Supian HK.

Pemantauan Ketua Dewan provinsi itu terhadap irigasi Sungai Raya Cerbon, Batola tersebut pada Selasa (30/11) untuk melihat/memastikan aliran air dari hulu lancar.

Keberadaan irigasi tersebut selain untuk pengaturan air/pengendali banjir, juga buat menunjang usaha pertanian di Batola yang juga sebagai lumbung padi Kalsel, demikian keterangan pers Humas Setwan provinsi setempat.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021