Tenaga kesehatan bersama personel Polsek dan personel Koramil Kecamatan Juai dibantu relawan menempuh waktu tiga jam menerjang banjir demi melakukan vaksinasi kepada warga Desa Tigarun dan Sungai Batung.

Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin saat dihubungi ANTARA melalui whatsapp, mengungkapkan tiga anggotanya dari Polsek Juai bersama dengan satu anggota Koramil dan tiga relawan melakukan penjemputan tim Nakes Puskesmas Pirsus yang akan melaksanakan vaksinasi didua desa di Kecamatan Juai.

"Karena debit air yang tinggi, para anggota memutuskan untuk menjemput empat orang Nakes di Desa Mungkur Uyam, untuk melaksanakan vaksinasi di Desa Tigarun dan Sungai Batung Kecamatan Juai," kata Zaenal di Paringin, Senin.

Hal tersebut ucapnya, mengingat karena jalan di Desa Mungkur Uyam yang dilalui terputus oleh banjir sepanjang 700 meter, yaitu dengan kedalaman mencapai satu hingga tiga meter.
 

Anggota Polsek dan Koramil Kecamatan Juai bersama relawan saat mengawal para Nakes saat menerjang banjir dalam menuju tempat vaksinasi, Senin (29/11/2021). ANTARA/HO-Hasil tangkapan layar dari kiriman video Kapolres Balangan


Dia melanjutkan, arus yang dilewati para anggota untuk menyeberangkan para Nakes sendiri sangatlah deras. Selain arus yang deras, yang paling menjadi kendala adalah dekatnya aliran listrik tegangan tinggi yang sangat dekat dengan areal penjemputan, yang jaraknya tidak sampai dua meter dari ketinggian air.

"Alhamdulillah dengan kegigihan para anggota serta relawan, mereka berhasil menyeberangkan para Nakes walau sangat banyak hambatan maupun kendala saat dalam proses penyeberangan," tuturnya.

Terakhir tambahnya, proses penyeberangan sendiri dimulai pada pukul sembilan pagi sampai dengan pukul 12 siang hari. Walau dengan keadaan menegangkan sepanjang perjalanan, para Nakes dapat diseberangkan dengan selamat hingga akhirnya vaksinasi untuk warga dapat dilaksanakan sesuai rencana.

Sejumlah warga yang tengah divaksin oleh Nakes, Senin (29/11/2021). ANTARA/ragil darmawan


Sementara itu, Camat Juai Nanang Edward sangat mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan para Nakes, anggota Polsek dan anggota Koramil Juai serta para relawan yang rela mempertaruhkan nyawa mereka untuk menjemput Nakes yang ingin melaksanakan vaksinasi terhadap warganya.

"Kami sangat berterimakasih kepada para vaksinator, anggota Polsek Juai, anggota Koramil Juai dan para relawan yang terlibat dalam menjemput vaksinator dalam menerjang banjir, untuk melaksanakan vaksinasi pada hari ini," pungkasnya.

Diketahui, pada pelaksanaan vaksinasi tersebut sebanyak 65 warga berhasil divaksin. Yaitu 49 warga Desa Sungai Batung dan 16 warga Desa Tigarun.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021