Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengajak kalangan anak muda untuk terlibat aktif dalam upaya memelihara Sungai Tabalong.

Hal ini disampaikan Anang saat melepas kegiatan Balarut Maharagu Sungai (Bamasung) ketiga di Kelurahan Sulingan Kecamatan Murung Pudak.

Kegiatan menyusuri Sungai Tabalong sepanjang sekitar 25 kilometer dimulai dari area Teluk Dalam, Kelurahan Sulingan hingga Desa Pudak Setegal, Kecamatan Kelua.

 "Ajak masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai dan menggalakkan penanaman pohon untuk mencegah erosi," ungkap Anang.

Penyusuran sungai dengan menggunakan 27 lanting satu upaya memberikan edukasi pada masyarakat sekitar bantaran Sungai Tabalong untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Anang pun berharap dengan kegiatan Bamasung ini bisa dilaksanakan tiap tahun agar bisa mengedukasi masyarakat sekitar sungai.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Ketua Panitia Pelaksana Bamasung Haris Fadillah menuturkan para peserta saat menyusuri sungai juga akan menanami bibit pohon di bantaran sungai.

"Kita juga melaksanakan penanaman pohon di sekitar bantaran sungai yang gersang," jelas Haris.

Pihaknya juga turut membekali karung bekas untuk para peserta memungut sampah yang ada di Sungai Tabalong.

Dalam kegiatan Bamasung ini panitia juga menyiapkan hadiah untuk kategori lanting terheboh, lanting terbaik dan pemungut sampah terbanyak.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021