Khatib H Muhammad Zam Zam mengingatkan kaum Muslim agar selalu beriman dan istiqamah kepada Allah SWT.

"Karena dengan iman dan istiqamah kepada Allah SWT akan selamat dunia hingga akhirat," ujarnya di Masjid Ass'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin sebelum shalat Jumat (26/11).

Peringatan atau ajakan khatib mengutip cerita dan Rasulullah Muhammad Saw yang ketika itu Abi 'Amr atau Sofyan datang serta bertanya kepada nabi terakhir/penghulu para nabi tersebut.

"Abi 'Amr bertanya kepada Rasulullah. Ya Rasulullah apa jawaban yang aku tanyakan tidak akan kutanyakan lagi kepada orang lain," kutipnya.

"Rasulullah pun dengan singkat menjawab ; Iman da Istiqamah kepada Allah SWT," lanjutnya mengutip sabda Nabi Muhammad Saw.

Menurut khatib atau ustadz muda tersebut dari sabda Beginda Rasulullah dua kata yang terpatri dan satu kesatuan yang harus jangan kaum Muslim tinggalkan yaitu Iman dan Istiqamah.

"Oleh karena itu, selain meningkatkan, mari kita perbarui iman kita kepada Allah dengan senantiasa berzikir kepada Allah SWT.

Menurut dia, pengertian berzikir kepada Allah SWT antara lain dengan tafakur terhadap ciptaan Nya yang kesemuanya menunjukkan Kemahakuasaan dan Kemahasempurnaan.

"Sebagai contoh kecil atau sederhana terhadap diri sendiri dari mulai proses pembentukan, lahir ke dunia dan akhir hayat," ujarnya.

"Selain itu, keadaan tubuh kita sendiri dari ujung rambut hingga ujung kaki. Kalau kita renungi bertapa Maha Kuasa dan Maha Sempurna Allah SWT," lanjutnya dalam khutbah pertama sekitar 11 menit tersebut.

Kemudian sedikit mengurai tentang istiqamah antara lain seseorang selalu istiqamah kepada Allah bisa membuat orang itu Karamah/memiliki Karamah (keramat).

"Dengan istiqamah bisa membuat orang itu menikmati betapa lezatnya ibadah. Sebaliknya seseorang yang tidak istiqamah kepada Allah SWT kehidupan orang tersebut akan sia-sia," demikian Muhammad Zam Zam.




 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021