Nelayan di Desa Telaga Langsat, Kecamatan Takisung terbantu dengan adanya monitoring dan servis mesin kapal dari Pemerintah Kabupaten Tanah Laut  melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) setempat, Rabu (24/11). 

Kondisi ini diungkapkan langsung oleh Mastani, salah seorang nelayan dari Desa Telaga Langsat Kecamatan Takisung saat menunggu mesinnya mendapatkan perbaikan bersama nelayan lainnya, di halaman salah seorang rumah warga Desa Telaga Langsat Kecamatan Takisung, Rabu (24/11/2021).

Salah satu Nelayan Desa Telaga Langsat  Mastani mengaku,  sangat terbantu dengan adanya monitorjng dan servis mesin kapal dari DKPP Tanah Laut.

"Tidak ada kerusakan pada mesin karena rutin mengganti oli untuk menjaga kondisi mesin,"ujarnya. 

Menurut dia, ada tiga mesin kapal yang dimilikinya, namun sejak mendapatkan mesin baru  dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia hanya menggunakan satu mesin.

“Alhamdulillah, hari ini ada, sudah lama kita tunggu-tunggu, senang sekali, karena langsung dilihat kondisi mesin kita yang ada, daripada harus servis sendiri,"ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKPP Tanah Laut Noor Irawady Kodratillah mengatakan, pihaknya telah memberikan fasilitas servis untuk para nelayan dua kali selama satu tahun tanpa dipungut biaya. 

Keungulan mesin yang telah diserahkan sejak satu tahun lalu itu, terang dia, ada dua alternatif bahan bakar yang dapat digunakan,  yaitu bensin dan gas. 

"Ini menjadi salah satu persiapan dijalankannya konversi oleh nelayan dari bahan bakar bensin ke gas,"terangnya. 

Penggunaan bahan bakar gas, papar dia,  terbukti lebih hemat lima kali lipat. 

Namun demikian, dia juga menyebutkan,  saat ini nelayan masih belum sepenuhnya dapat berpindah dari bahan bakar gas karena mesin dengan berbahan bakar gas belum stabil ketika terkena ombak besar di laut.

Dia berharap,  para nelayan yang sudah mendapatkan bantuan mesin dari Kementerian ESDM tersebut dapat dijaga dengan baik.

“Bantuan jangan tidak dimanfaatkan, jangan juga dijual, tolong dijaga dan dirawat, kalau pemakaian maupun  perawatan benar mesin bisa awet sampai sepuluh tahun,”tandasnya. 
Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Tanah Laut bantu servis mesin kapal nelayan Desa Telaga Langsat, Rabu (24/11).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021