Balangan - (Antaranews Kalsel) - Penjabat Bupati Balangan, HM Hawari dan Ketua TPPKK Hj Diyah Nur Fadiah Hawari mengunjungi stand pameran Pemkab Balangan, di acara Festival Borneo Expo 2015, di Stadion Madya Sempaja Samarinda, Kaltim.

Stand pameran yang digagas oleh Dinas Pemuda Olah raga Pariwisata dan Kebudayaan tersebut memamerkan berbagai wisata dan budaya serta kreativitas warga lokal.

Foto kegiatan adat dayak, kerajinan anyaman, berbagai makanan dan minuman khas dipamerkan di stand tersebut.

Ketua TPPKK Hj Diyah Nur Fadiah, Kamis di Samarinda berharap, ajang seperti ini menjadi penambah semangat dan motivasi bagi warga Balangan dalam berkreatifitas memperkenalkan budaya, adat, serta produk unggulan.

Pameran Nasional Festival Borneo Expo 2015 adalah kegiatan yang berskala nasional, yang menampilkan produk, jasa layanan publik, potensi peluang usaha dan investasi, industri, perdagangan, pariwisata, gelar seni, dan kuliner.

"Sebenarnya Kabupaten Balangan memiliki segala kriteria tersebut, namun tergantung bagaimana peran pemerintah dan juga kerjasama masyarakat dalam upaya memaksimalkannya," ujarnya.

Saat Sumber Daya Manusianya sudah lebih kreatif dan inovatif, tinggal bagaimana pemerintah setempat melakukan expose kepada masyarakat luar, investor maupun BUMN, agar Balangan menjadi destinasi wisata.

"Balangan merupakan wilayah yang mudah didatangi, minim bencana alam, dan akses jalan yang mudah dicapai ke berbagai pelosok desa-desanya, jika menjadi daerah destinasi wisata, akan sangat berhasil karena didukung oleh keadaan alamnya," ungkapnya.

Destinasi wisata sendiri, tambah Hj Diyah Nur Fadiah, bukan selalu tentang pemandangan, bisa karena budaya, adat, produk unggulan, dan lain sebagainya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015