Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Ketua komisi III bidang pembangunan dan infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan H Bardiansyah menilai positif unjukrasa Ormas Laskar Merah Putih provinsi tersebut.


Karena kedatangan pengunjukrasa tersebut sama dengan mengingatkan agar jangan sampai lengah atau lalai dalam menyikapi permasalahan terkait pembangunan di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota itu, ujarnya di Banjarmasin, Rabu.

"Sudah barang tentu, permasalahan tersebut juga menjadi perhatian DPRD Kalsel, untuk ditindaklanjuti," tegas politisi senior Partai Golkar itu dalam dialog dengan perwakilan pengunjukrasa.

Sebagai contoh larangan angkutan batu bara lewat jalan raya, yang belakangan terlihat kembali, serta reklamasi pascatambang yang belum sebagaimana mestinya.

Begitu pula masalah jalan yang rusak, antara lain seperti di wilayah Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalsel yang berbatasan atau mengarah ke provinsi tetangga Kalimantan Tengah (Kalteng), sebagaimana pengunjukrasa ungkapkan.

 "Namun kerusakan jalan tersebut jangan disama-ratakan (generalisasi). Karena masih banyak jalan yang dan mulus," tutur anggota DPRD Kalsel dua periode itu.

 Seperti terlihat di Jalan Anjir Batola yang menghubungan Kabupaten Kapuas, Kalteng, untuk wilayah Kalsel tampak mulus beraspal. "Kebetulan saya baru menengok keluarga di Kuala Kapuas (45 kilometer barat Banjarmasin), ibukota Kabupaten Kapuas," katanya.

 Begitu pula jalan yang berada di wilayah Kalsel menuju Tamianglayang (200 kilometer barat laut Banjarmasin), ibukota Kabupaten Barito Timur (Bartim), Kalteng, tampak masih mulus beraspal, demikian Bardiansyah.

 Massa yang mengatasnamakan Laskar Merah Putih Kalsel berunjukrasa ke DPRD provinsi setempat, di Banjarmasin, mengemukakan berbagai masalah, antara lain angkutan batu bara lewat jalan raya, serta reklamasi pascatambang, serta persoalan infrastruktur lain.

 Pengunjukrasa tersebut meminta DPRD Kalsel agar menindaklanjuti dengan instansi terkait, terhadap persoalan yang mereka kemukakan itu, seperti masalah jalan rusak kepada Dinas Pekerjaan Umum setempat.

 Dalam dialog dengan pengunjukrasa tersebut hadir pula anggota Komisi I bidang hukum dan pemerintahan DPRD Kalsel H Supian HK dari Partai Golkar.

 Sementara ratusan pengunjukrasa memadati Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin-luar pagar Gedung DPRD Kalsel, menuggu hasil dialog dengan wakil rakyat itu.   

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015