Anggot DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dr H Karlie Hanafi Kalianda SH MH berpendapat, empat pilar kebangsaan merupakan prasyarat minimal Bangsa Indonesia untuk berdiri kokoh dan meraih kemajuan.

"Kemajuan tersebut sudah barang tentu berlandaskan karakter kepribadian bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," ujarnya saat sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang), Rabu (24/11).

Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wasbang yang berlangsung di Anjir Muara (sekitar 35 kilometer barat Banjarmasin) Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala (Batola) dengan tema "Peran Bhinneka Tunggal Ika Dalam Peningkatan Persatuan dan Kedatuan".

Ketua Fraksi Partai Golkar yang juga anggota Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalsel itu menyebutkan, keempat pilar tersebut terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

”Keempat pilar kebangsaan tersebut kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat,” tegasnya.

Mantan aktivis mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin itu menjelaskan, empat pilar kebangsaan tersebut tidak memiliki kedudukan sederajat, setiap pilar memiliki tingkat, fungsi dan konteks yang berbeda. 

Mengenai sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wasbang tersebut, dia menyatakan, hal itu juga merupakan kewajiban DPRD Kalsel sebagaimana amanat Undang Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 108.

"Kewajiban tersebut antara lain memegang teguh dan mengamalkan Pancasila serta mempertahankannya, serta memelihara kerukunan nasional dan keutuhan NKRI," demikian Kalie Hanafi Kalianda.
Anggota Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Karlie Hanafi Kalianda saat sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Anjir Muara (sekitar 35 kilometer barat Banjarmasin) Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala (Batola), 24 November 2021. (Istimewa)

Sementara itu, selaku narasumber H Puar Junaidi SSos SH MH banyak mengupas tentang peranan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti Ideologi Pancasila, sebagai dasar negara juga falsafah hidup bangsa Indonesia, tentunya sangat berperan sebagai pedoman dan kehidupan berbangsa dan bernegara, ujarnya.

Puar Junaidi yang merupakan tokoh politik senior yang pernah beberapa periode sebagai anggota DPRD Kalsel, antara lain mengatakan, bahwa pembinaan Ideologi Pancasila dan Wasbang bertujuan mengingatkan kembali kepada seluruh  bangsa serta seluruh lapisan masyarakat agar pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegra terus jalan.

"Jalannya kehidupan berbangsa dan bernegara itu dengan tetap mengacu kepada tujuan negara yang dicita-citakan, serta bersatu padu mengisi pembangunan agar bangsa Indonesia lebih maju dan sejahtera," lanjutnya.

Sedangkan Camat Anjir Muara Jaya Hidayatullah, SSos menyampaikan rasa bangga da sangat berterimakasih karena wilayahnya mendapatkan kesempatan menjadi lokasi kegiatan anggota DPRD Kalsel. 

"Apalagi kegiatan sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ini, tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, pihaknya menghadirkan para Kepala Desa se Kecamatan Anjir Muara, para tokoh masyarakat dan pihak terkait lainnya untuk mengikuti kegiatan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan tersebut.






 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021