Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Wakil Ketua Komisi IV bidang kesejahteraan rakyat DPRD Kalimantan Selatan Yazidie Fauzi mengharapkan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Gusti Hasan Aman Banjarmasin milik pemerintah provinsi setempat dapat berfungsi maksimal.


Harapan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) yang juga membidangi kesehatan itu disampaikan saat rapat kerja bersama direksi RSGM milik pemerintah provinsi tersebut, di Banjarmasin, Selasa.

Karena dari informasi yang didapatkannya, lanjut Yazidie yang juga Wakil Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPRD Kalsel tersebut, selama ini RSGM belum memberikan pelayanan kepada warga kurang mampu atau pemegang kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Kita berharap ke depan RSGM Gt Hasan Aman Banjarmasin bisa memperluas layanan, yaitu mencakup pula peserta BPJS Kesehatan sebagaiman rumah sakit lain milik Pemprov Kalsel," tutur laki-laki kelahiran tahun 1967 dan berbintang Aquarius itu.

Selain itu, lanjut mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalsel tersebut, RSGM Gt Hasan Aman yang kini bertipe B, hendaknya meningkatkan pelayanan secara kualitas, tak hanya dari segi kuantitas.

"Apalagi RSGM Gt Hasan Aman nantinya sebagai rumah sakit pendidikan dan rujukan bagi semua rumah sakit pemerintah kabupaten/kota se-Kalsel, sehingga peningkatan mutu pelayanan merupakan keniscayaan," demikian Yazidie.

Sementara itu Direktur RSGM Gt Hasan Aman tersebut drg Sapta Rianta Hutasoit SpOrt menyatakan, pihaknya bertekad meningkatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut, baik secara kualitas maupun kuantitas.

"Memang pelayanan RSGM Hasan Aman selama ini belum maksimal. Tapi ke depan kita bertekad untuk meningkatkan pelayanan," katanya, usai rapat bersama Komisi IV bidang kesra DPRD Kalsel tersebut.

 Belum maksimalnya pelayanan RSGM tersebut, antara lain karena masalah sarana dan prasarana, seperti ruangan dan peralatan medis.

 Tapi, tegas dia saat disambangi wartawan anggota Press Room DPRD Kalsel, mengenai ruangan dan peralatan medis kini relatif tidak sudah masalah lagi.

Begitu pula mengenai sumber daya manusia (SDM), menurut perempuan dari keturunan Batak, Sumatera Utara (Sumut) itu, bagi RSGM Hasan Aman juga relatif tidak ada masalah.

"Namun kita terus beruaha meningkatkan penyediaan sarana dan prasarana, serta SDM sesuai tuntutan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi," lanjutnya didampingi beberapa staf RSGM tersebut.

"Khusus peningkatan penyediaan kita bekerjasama dengan beberapa rumah sakit yang memiliki dokter spesialis kesehatan gigi dan mulut. Karena RSGM Gt Hasan Aman saat baru ada tiga dokter specialis yang tetap," demikian SR Hutasoit. 
(T.KR-SKR/B/T007/T007) 01-09-2015 14:58:17

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015