Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Kapal Republik Indonesia (KRI) Teluk Bintuni 520 yang membawa 282 pemuda dan pemudi dari 34 provinsi di Indonesia, dilepas Sekretaris Daerah Kotabaru H Suriansyah dari Pelabuhan Kotabaru untuk melanjutkan pelayaran ke Pelabuhan Siau, Sulawesi Utara.


"Selamat jalan semoga selamat dalam perjalanan," kata Sekda Kotabaru Suriansyah, di Kotabaru, Selasa.

KRI Teluk Sintuni tiba di Kotabaru pada Senin (31/8) dan selama di Kotabaru, Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari (LNRPB) dalam Sail Tomini 2015 itu melakukan beberapa kegiatan.

Di antaranya, pertunjukan seni budaya lokal masing-masing provinsi, kunjungan ke sejumlah obyek wisata di Kotabaru, pertemuan atau audensi bersama pemuda-pemudi dan Pemkab Kotabaru, serta penanaman 1.000 batang bibit mangrove di pesisir Desa Sarangtiung.

Sebelumnya, Komandan Satgas Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari Kolonel Laut (P) Eko Yuri Andriantoro mengemukakan, KRI Teluk Bintuni 520 singgah di Kotabaru dalam misi Kapal Pemuda Nusantara Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari dalam Sail Tomini 2015.

KRI Teluk Bintuni yang membawa pemuda-pemudi nusantara bersama tim dari Kementerian Pemuda dan Olahraga itu akan menyinggahi pelabuhan-pelabuhan di daerah perbatasan Indonesia, untuk memperkenalkan wisata kebaharian dan kearifan lokal.

Setelah singgah di Pelabuhan Stagen, Kotabaru, KRI Teluk Bintuni yang baru melakukan pelayaran perdananya setelah dibuat di galangan kapal PT Daya Radar Utama (DRU) Lampung itu akan melanjutkan pelayarannya ke Pelabuhan Siau, Sulawesi Utara.

Dari Siau KRI Teluk Bintuni melanjutkan pelayaran dan singgah di Pelabuhan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Pelabuhan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

"Di Pelabuhan Melonguane nanti akan dilakukan puncak acara Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari (LNRPB) dalam Sail Tomini 2015," tuturnya.

Selanjutnya, KRI Teluk Bintuni melanjutkan pelayaran dan singgah di Pelabuhan Ternate, Maluku Utara, dan terakhir di Pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta.

Eka mengatakan, rombongan dalam kapal ini singgah di Pelabuhan Kotabaru, karena Kotabaru memiliki wisata bahari dan kemaritiman yang cukup baik.

  Menurut dia, apabila sumber daya tersebut dikembangkan, maka ke depan Kotabaru akan menjadi destinasi atau tujuan wisata domestik dan mancanegara.   

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015