Dinas Pariwisata (Dispar) Tanah Laut  menggelar pelatihan fotografi untuk para pelaku wisata guna mendukung kemajuan wisata di daerah setempat.

Pelatihan diikuti 20 peserta berasal dari pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), pengelola wisata dan unsur masyarakat berlangsung di Pendopo Pantai Batakan Baru,  Kecamatan Panyipatan, Minggu (21/11). 

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Ekonomi Kreatif Dispar Tanah Laut Rozani Fitri mengungkapkan,  fotografer merupakan salah satu ujung tombak promosi pariwisata. 

Dia berharap,  dengan adanya fotografer-fotografer handal, bisa menjadikan pariwisata di daerah semakin dikenal masyarakat luas.

“Kegiatan pelatihan fotografer kita laksanakan ini karena kita tahu dalam dunia pariwisata fotografer berperan penting dalam promosi pariwisata. Melalui merekalah objek wisata maupun aktivitas wisata menjadi motivasi untuk wisatawan berkunjung ke objek wisata tersebut,” kata Rozani Fitri.

Ditambahkan Kepala Seksi  Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kelembagaan dan kerja sama Pariwisata Dispar Tanah Laut Siti Mukaromah berharap,  kepada peserta untuk dapat menerapkan pengetahuan mereka dalam mengambil foto sebelum memperkenalkan objek wisata melalui media sosial.

“Setelah mendapatkan pelatihan ini, peserta diharapkan bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat, sehingga dapat mengambil foto yang bagus. Nah, foto ini nantinya akan diposting melalui sosial media mereka. Jadi hasil foto mereka menjadi lebih layak, menambah nilai dan daya tarik objek wisata,” kata Siti Mukaromah.

Salah seorang peserta perwakilan Pokdarwis Desa Kandangan Baru Kecamatan Panyipatan Abdul Muin mengaku, mendapat banyak manfaat dengan adanya pelatihan tersebut.

Dengan antusias,  dia mengungkapkan,  siap memajukan dan mengembangkan potensi wisata di desanya. 

Dia berharap kegiatan tersebut dapat kembali dilaksanakan oleh Dispar Tanah Laut dimasa mendatang. 

“Hari ini diajarkan cara mengambil foto yang baik dan benar. Kegiatan ini sangat baik, karena dari sini kita bisa memajukan pariwisata, khususnya para Pokdarwis. Jadi bisa menampilkan potensi yang ada di desa,” kata Abdul Muin.

Materi pelatihan dasar fotografi dan praktik cara pengambilan foto disampaikan oleh pegiat fotografi asal Kota Banjarmasin Bayu Aditya Rachman. 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021