Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepala Studio Radio Abdi Persada FM Muhari mengharapkan DPRD Kalimantan Selatan melalui komisi I bidang hukum dan pemerintahan segera menetapkan calon anggota Dewan Pengawas Lembaga Penyiaran Publik Lokal milik pemerintah provinsi tersebut.

Kepala Studio Radio Abdi Persada (AP) FM mengemukakan harapan itu saat dicegat wartawan anggota Press Room DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel), usai rapat kerja (Raker) bersama komisi I lembaga legislatif tingkat provinsi tersebut, di Banjarmasin, Kamis.

Raker berama komisi I DPRD Kalsel tersebut salah satu persiapan untuk uji kepatutan dan kelayakan anggota Dewan Pengawas (Dewas) Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) milih pemerintah provinsi (Pemprov) setempat.

Menurut Muhari yang juga staf Biro Humas Pemprov Kalsel tersebut, keberadaan Dewas itu penting, karena salah satu unsur yang wajib ada pada LPPL, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Sebagaimana peraturan perundang-undangan itu pula, Komisi I DPRD Kalsel juga berkewajiban melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon komisioner tingkat provinsi, termasuk anggota Dewas. Radio Abdi Persada FM.

Ia mengaku, persiapan uji kepatutan dan kelayakan itu agak tertunda, Karena Komisi I DPRD Kalsel masih mengumpulkan referensi sebanyak mungkin sebelum memilih Dewas Abdi Persada FM.

"Namun kita berharap supaya DPRD/Komisi I lembaga legislatif tersebut bisa menetapkan tiga orang Dewas Abdi Persada FM pada September 2015. Karena Dewas nanti bertugas mengawasi LPPL milik Pemprov Kalsel tersebut," katanya.

Pengawasan dari Dewas tersebut, lanjutnya, mulai rencana kerja, penggunaan anggaran, kebijakan umum dan induk, sampai menjaga radio milik Pemprov Kalsel itu tetap independan atau netral dalam menjalankan tugas.

Selain itu, Dewas akan memilih Direktur atau direksi Radi Abdi Persada FM, untuk periode lima tahun mendatang terhitung mulai tahun 2016, terang alumnus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin tersebut.

Berdasarkan hasil tim seleksi terpilih sembilan calon Dewas Abdi Persada FM yang bakal mengikuti uji kepatutan dan kelayakan dari anggota Komisi I DPRD Kalsel.

Mereka yang bakal uji kepatutan dan kelayakan itu masing-masing Anisyah, Aulia Rahman, Danang Danu Anggoro, Halimah, Padlan, M Syaifullah, Noor Dachliani Adul, Rahmiati dan Roniansyah.

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015